Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kukar Ikuti Kabupaten Expo 2007

Anjungan Kukar di arena Kabupaten Expo 2007
Anjungan Kukar di arena Kabupaten Expo 2007
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 22/06/2007 14:09 WITA
Untuk kedua kalinya sejak tahun 2005, Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengikuti kegiatan pameran skala nasional bertajuk Kabupaten Expo 2007 yang berlangsung selama 4 hari (21-24/6) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).


Kegiatan Kabupaten Expo 2007 yang digarap Badan Kerjasama Kabupaten Seluruh Indonesia (BKKSI) bekerjasama dengan PT Antheus Indonesia ini diikuti lebih dari 90 Pemerintah Kabupaten se-Indonesia serta puluhan institusi lainnya, baik swasta maupun pemerintahan.


Pembukaan Kabupaten Expo 2007 sendiri dilakukan Kamis (21/6) kemarin oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri (Depdagri) Dr Kausar AS MSi, mewakili Mendagri Ad Interim Widodo AS yang berhalangan hadir.


Melalui kegiatan tersebut, Mendagri Ad Interim dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Kausar AS berharap agar potensi unggulan setiap daerah dapat diperkenalkan dengan baik. "Sehingga mampu menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah guna meningkatkan perekonomian," ujarnya.



Kabag Perekonomian Dardiansyah menyerahkan cenderamata kepada Dirjen Otda Depdagri Kausar AS
Photo: Agri

Usai membuka secara resmi Kabupaten Expo 2007, Dirjen Otonomi Daerah Depdagri RI Kausar AS didampingi Ketua BKKSI H Azikin Solthan yang juga Bupati Bantaeng melakukan peninjauan ke sejumlah stan peserta pameran, termasuk Kukar.


Ternyata kunjungan Dirjen Otda Depdagri ke stan Kukar ini tidak lah sia-sia. Pasalnya, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setkab Kukar Dardiansyah menghadiahi Kausar AS sebuah cenderamata berupa sebuah Mandau.


Desain stan Kabupaten Kukar yang modern dengan dominasi warna hijau muda dan kuning, serta ditunjang materi pendukung yang beragam tentu saja mampu menarik perhatian dan mengundang kekaguman para pengunjung. "Bagus sekali. Sukses ya," puji Dirjen Otda Depdagri, Kausar AS.


Sementara dikatakan Dardiansyah, keikutsertaan Kukar pada ajang ini merupakan upaya untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Kukar terutama di sektor perkebunan, perikanan, pertambangan dan pariwisata.


Lebih lanjut mengenai Kabupaten Expo 2007, menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan promosi dalam konteks potensi unggulan daerah kabupaten yang mana masing-masing keunggulan potensi itu dapat dilakukan kerjasama dalam semangat otonomi daerah yang bisa memberikan nilai tambah.



Sejumlah pengunjung pameran tampak antusias membeli aneka cenderamata yang dijual di stan Kukar
Photo: Agri

"Sehingga hal ini mampu mempercepat peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya Indonesia mampu melepaskan diri dari krisis multidimensi," ujarnya.


Pada sisi lain, lanjut Dardiansyah, kegiatan ini juga dapat mengikat rasa persaudaraan yang bermuara pada terciptanya rasa nasionalisme yang tinggi dalam konteks keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Dampak lain yang ditimbulkan adalah bahwa khasanah dan karakteristik budaya yang beraneka ragam adalah sebuiah kekayaan yang mampu memfilter budaya-budaya asing yang masuk ke negara ini sehingga akan menampakkan secara signifikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat.


"Peluang bagi daerah untuk menggaet investor untuk menamankan modalnya, sepanjang urusan otonomi daerah itu benar-benar diberikan kepercayaan kepada pemda untuk mengapresiasikan," pungkasnya.


Partisipasi Kukar di ajang Kabupaten Expo 2007 kali ini tidak hanya dalam bentuk kegiatan pameran saja. Namun juga dalam kegiatan Forum Bisnis dan Seminar Investasi yang diikuti Kabag Perekonomian Dardiansyah dan Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kukar Hafidz Anwar. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com