Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kukar Ikuti Kabupaten Expo 2007

Anjungan Kukar di arena Kabupaten Expo 2007
Anjungan Kukar di arena Kabupaten Expo 2007
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 22/06/2007 14:09 WITA
Untuk kedua kalinya sejak tahun 2005, Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengikuti kegiatan pameran skala nasional bertajuk Kabupaten Expo 2007 yang berlangsung selama 4 hari (21-24/6) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).


Kegiatan Kabupaten Expo 2007 yang digarap Badan Kerjasama Kabupaten Seluruh Indonesia (BKKSI) bekerjasama dengan PT Antheus Indonesia ini diikuti lebih dari 90 Pemerintah Kabupaten se-Indonesia serta puluhan institusi lainnya, baik swasta maupun pemerintahan.


Pembukaan Kabupaten Expo 2007 sendiri dilakukan Kamis (21/6) kemarin oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri (Depdagri) Dr Kausar AS MSi, mewakili Mendagri Ad Interim Widodo AS yang berhalangan hadir.


Melalui kegiatan tersebut, Mendagri Ad Interim dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Kausar AS berharap agar potensi unggulan setiap daerah dapat diperkenalkan dengan baik. "Sehingga mampu menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah guna meningkatkan perekonomian," ujarnya.



Kabag Perekonomian Dardiansyah menyerahkan cenderamata kepada Dirjen Otda Depdagri Kausar AS
Photo: Agri

Usai membuka secara resmi Kabupaten Expo 2007, Dirjen Otonomi Daerah Depdagri RI Kausar AS didampingi Ketua BKKSI H Azikin Solthan yang juga Bupati Bantaeng melakukan peninjauan ke sejumlah stan peserta pameran, termasuk Kukar.


Ternyata kunjungan Dirjen Otda Depdagri ke stan Kukar ini tidak lah sia-sia. Pasalnya, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setkab Kukar Dardiansyah menghadiahi Kausar AS sebuah cenderamata berupa sebuah Mandau.


Desain stan Kabupaten Kukar yang modern dengan dominasi warna hijau muda dan kuning, serta ditunjang materi pendukung yang beragam tentu saja mampu menarik perhatian dan mengundang kekaguman para pengunjung. "Bagus sekali. Sukses ya," puji Dirjen Otda Depdagri, Kausar AS.


Sementara dikatakan Dardiansyah, keikutsertaan Kukar pada ajang ini merupakan upaya untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Kukar terutama di sektor perkebunan, perikanan, pertambangan dan pariwisata.


Lebih lanjut mengenai Kabupaten Expo 2007, menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan promosi dalam konteks potensi unggulan daerah kabupaten yang mana masing-masing keunggulan potensi itu dapat dilakukan kerjasama dalam semangat otonomi daerah yang bisa memberikan nilai tambah.



Sejumlah pengunjung pameran tampak antusias membeli aneka cenderamata yang dijual di stan Kukar
Photo: Agri

"Sehingga hal ini mampu mempercepat peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya Indonesia mampu melepaskan diri dari krisis multidimensi," ujarnya.


Pada sisi lain, lanjut Dardiansyah, kegiatan ini juga dapat mengikat rasa persaudaraan yang bermuara pada terciptanya rasa nasionalisme yang tinggi dalam konteks keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Dampak lain yang ditimbulkan adalah bahwa khasanah dan karakteristik budaya yang beraneka ragam adalah sebuiah kekayaan yang mampu memfilter budaya-budaya asing yang masuk ke negara ini sehingga akan menampakkan secara signifikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat.


"Peluang bagi daerah untuk menggaet investor untuk menamankan modalnya, sepanjang urusan otonomi daerah itu benar-benar diberikan kepercayaan kepada pemda untuk mengapresiasikan," pungkasnya.


Partisipasi Kukar di ajang Kabupaten Expo 2007 kali ini tidak hanya dalam bentuk kegiatan pameran saja. Namun juga dalam kegiatan Forum Bisnis dan Seminar Investasi yang diikuti Kabag Perekonomian Dardiansyah dan Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kukar Hafidz Anwar. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com