Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Petambak Delta Mahakam Dilatih Budidaya Tambak Ramah Lingkungan

Suasana Pelatihan Pelatihan Budidaya Tambak Ramah Lingkungan yang berlangsung di Dusun Tanjung Pimping kemarin siang
Suasana Pelatihan Pelatihan Budidaya Tambak Ramah Lingkungan yang berlangsung di Dusun Tanjung Pimping kemarin siang
Photo: Dok. Total E&P Indonesie

KutaiKartanegara.com - 14/06/2007 21:40 WITA
Guna memberikan pemahaman mengenai tata cara membuka tambak yang produktif sekaligus ramah lingkungan, sekitar 500 petambak yang berada di kawasan Delta Mahakam akan diberi Pelatihan Budidaya Tambak Ramah Lingkungan.


Sebagai tahap pertama, pelatihan tersebut dimulakan di Dusun Tanjung Pimping, Desa Tani Baru, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (13/06) kemarin, dengan diikuti sekitar 35 petambak.


Pelatihan ini sendiri digarap BPMIGAS-Total E&P Indonesie bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman (Unmul) dan Yayasan Pesisir Kaltim Lestari.


Tampak hadir dalam acara pelatihan ini adalah Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar Ir M Syahran, Dr Ir Asfie Maidie MSc dari Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unmul, Heri Supriyono yang mewakili Camat Anggana, Slamet Wibisono dari Yayasan Pesisir Kaltim Lestari, serta Arif Suprapto, Hendratno Eko Putro dan Agus Heriyanto dari Departemen Pengembangan dan Hubungan Masyarakat Total E&P Indonesie.


Dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar Ir M Syahran, Pemkab Kukar menyambut baik digelarnya program pelatihan ini. "Kita berharap para peserta mampu memahami cara membuka tambak yang ramah lingkungan serta mampu meningkatkan produksi para petambak," ujar Syahran.



Melalui pelatihan ini, diharapkan para petambak di kawasan Delta Mahakam dapat memahami cara membuat tambak yang ramah lingkungan
Photo: Dok. Total E&P Indonesie

Disamping itu, lanjutnya, para petambak diharapkan dapat memahami kebijakan Pemkab Kukar dalam rangka pelestarian lingkungan di kawasan Delta Mahakam saat ini.


Sementara dikatakan Hendratno Eko Putro dari Total E&P Indonesie, materi pelatihan ini meliputi sosialisasi Kebijakan dan Pembangunan di Kawasan Delta Mahakam tahun 2006-2010, Strategi Budidaya Perikanan Tambak Berwawasan Lingkungan dan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Petambak di Delta Mahakam.


Berbeda dengan pelatihan budidaya tambak yang pernah dilaksanakan, lanjutnya, para peserta kali ini akan mendapatkan pendampingan teknis dan akan diterapkan program demplot (demonstrasi plot-red) kelompok usaha petambak.


"Demplot merupakan wahana untuk pembelajaran dan peningkatan skill para petambak. Mereka akan memanfaatkan salah satu tambak untuk dijadikan percontohan tambak ramah lingkungan. Sehingga diharapkan para petambak lain bisa belajar secara langsung dan memperhatikan tambak percontohan tersebut secara berkesinambungan," katanya.


Ditambahkan Eko, pelaksanaan pelatihan di Dusun Tanjung Pimping kemarin siang merupakan kegiatan pertama dari 14 tahapan kegiatan Pelatihan Pelatihan Budidaya Tambak Ramah Lingkungan yang direncanakan sepanjang tahun 2007.


"Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan di 2 kecamatan yakni Kecamatan Anggana dan Muara Jawa, di antaranya Desa Tani Baru, Desa Muara Pantuan, Desa Sepatin, Kelurahan Muara Kembang, Kelurahan Muara Jawa Tengah dan Kelurahan Muara Jawa Ilir," jelasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com