Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tenaga Pendidik se-Marang Kayu Ikuti Diklat KTSP

Suasana Diklat KTSP yang dilaksanakan di SDN 001 Desa Sebuntal, Kecamatan Marang KayuSuasana Diklat KTSP yang dilaksanakan di SDN 001 Desa Sebuntal, Kecamatan Marang Kayu
Photo: VICO Indonesia/Bastian


Salah seorang instruktur dari LPMP Kaltim saat menyampaikan materi kepada peserta Diklat KTSP bagi pendidik se-Marang Kayu
Salah seorang instruktur dari LPMP Kaltim saat menyampaikan materi kepada peserta Diklat KTSP bagi pendidik se-Marang Kayu
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 22/05/2007 22:38 WITA
Mulai tahun pelajaran 2006/2007, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) telah meluncurkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau akrab disebut Kurikulum 2006. KTSP memberi keleluasaan penuh bagi setiap sekolah mengembangkan kurikulum dengan tetap memerhatikan potensi sekolah dan potensi daerah sekitar.


Guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para guru di Kecamatan Marang Kayu mengenai KTSP, BPMIGAS-VICO Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kaltim dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Marang Kayu, selama 3 hari menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).


Kegiatan yang dibuka tadi siang oleh Wakil Kepala Disdik Kukar Drs H Abdul Thalib ini dihadiri pula oleh Eko Sudiro dari Departemen External Relations & Security Vico Indonesia, Sekcam Marang Kayu Mohammad Thamrin dan perwakilan LPMP Kaltim.


Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Rekson Simanjuntak SSos, kegiatan ini diikuti oleh 100 orang pendidik se-Marang Kayu yang terdiri dari para guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.


"Kegiatan digelar selama 3 hari mulai tanggal 22 hingga 24 Mei 2007 di SDN 001 Desa Sebuntal, Kecamatan Marang Kayu. Instruktur Diklat KTSP ini berasal dari LPMP Kaltim, dan dana sepenuhnya ditanggung oleh BPMIGAS-VICO Indonesia," ujar Rekson yang juga Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Marang Kayu ini.


Ditambahkan Rekson, kegiatan pelatihan semacam ini merupakan yang ketiga kalinya dibantu VICO Indonesia. "Sebelumnya pada tahun 2005 dan 2006, kami juga dibantu oleh VICO Indonesia untuk menggelar pelatihan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)," katanya.



Wakil Kepala Disdik Kukar H Abd Thalib saat memberikan sambutannya
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Sementara Wakil Kepala Disdik Kukar Drs H Abdul Thalib dalam sambutannya memuji dan berterima kasih kepada VICO Indonesia atas sumbangsih perusahaan migas yang bermarkas di Muara Badak ini dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kukar.


"Apa yang dilakukan oleh BPMIGAS-VICO Indonesia sejalan dengan program Gerbang Dayaku dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah ini, termasuk kualitas para pendidik," ujar Abdul Thalib.


"Saya sudah beberapa kali menyampaikan sambutan untuk kegiatan KTSP yang disponsori oleh VICO Indonesia. Mulai dari Muara Badak, Muara Jawa bahkan pelatihan KTSP di Tenggarong juga atas bantuan VICO," lanjutnya.


Wakil Kepala Disdik Kukar berharap agar para peserta Diklat KTSP dapat menyebarkan ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh kepada rekan-rekan mereka yang belum mengetahuinya. "Yakinlah bahwa ilmu yang anda berikan bukan malah berkurang, akan tetapi justru akan ditanbah oleh Allah," katanya lagi.


Dalam Diklat KTSP ini, LPMP Kaltim menurunkan 4 orang fasilitator yakni Drs Maduki Zen, Masruchin SPd, Dra Tri Hastuty dan Sugiono SPd. Diklat tersebut dilakukan dengan pendekatan Andragogik, kebersamaan dan konseptual, yang diisi dengan ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas dan praktik.


Menurut salah seorang fasilitator, Drs Masduki Zen, kerjasama LPMP dengan VICO Indonesia sudah 5 kali yakni 2 kali di Marang Kayu, 2 kali di Muara Badak dan 1 kali di Muara jawa. "Untuk KTSP ini akan berkesniambungan dan ada pendampingan untuk memonitor perkembangannya. Karena di LPMP ada program monev atau monitoring dan evaluasi tiap akhir tahun," jelasnya. (bas)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com