Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Banjir Tahunan Landa Wilayah Pedalaman Kukar
Sekolah Diliburkan, Aktivitas Perekonomian Terhambat

Seorang bocah di Desa Muara Kaman Ilir mendayung perahu melintasi sekolahnya yang terpaksa ditutup untuk sementara waktu akibat terendam banjirSeorang bocah di Desa Muara Kaman Ilir mendayung perahu melintasi sekolahnya yang terpaksa ditutup untuk sementara waktu akibat terendam banjir
Photo: Humas Kukar/Atik


KutaiKartanegara.com - 16/05/2007 19:22 WITA
Tingginya curah hujan di wilayah Kalimantan Timur dalam 2 pekan terakhir telah menyebabkan peningkatan debit air sungai Mahakam. Akibatnya, banjir tahunan yang disebabkan oleh meluapnya air sungai Mahakam tak dapat dihindari.


Ribuan rumah, fasilitas umum maupun sawah ladang milik warga di sebagian besar wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pun terendam banjir. Terutama di sebagian daerah sepanjang sungai Mahakam dan anak-anak sungainya.


Aktivitas belajar-mengajar di sejumlah sekolah di Kecamatan Kembang Janggut dan Muara Kaman terpaksa dihentikan untuk sementara waktu. Pasalnya, banjir dengan ketinggian 1,5 meter telah menggenangi ruangan kelas sekolah-sekolah tersebut.


Aktivitas perekonomian pun turut terhambat lantaran pasar dan toko-toko ditutup akibat terendam air. Hal ini membuat masyarakat di pedalaman kesulitan untuk memperoleh sayur-sayuran maupun barang-barang sembako lainnya. Ancaman lainnya akibat banjir musiman di wilayah pedalaman ini adalah meningkatnya gangguan kesehatan terhadap masyarakat.



Tidak ada lagi sepeda motor yang diparkir di depan rumah. Kini, giliran perahu menjadi sarana transportasi andalan warga selama banjir
Photo: Humas Kukar/Atik

Prihatin terhadap makin meluasnya banjir di daerah ini, Selasa (15/05) kemarin Sekretaris Kabupaten Kukar HM Husni Thamrin dan rombongan melakukan kunjungan ke wilayah yang parah tertimpa banjir, yakni Kecamatan Muara Kaman dan Kembang Janggut.


Dalam kunjungan tersebut, Sekkab Kukar HM Husni Thamrin menyerahkan bantuan berupa obat-obatan kepada aparat kecamatan setempat.


Bantuan obat-obatan tersebut memang sangat dibutuhkan akibat terjadinya peningkatan gangguan kesehatan masyarakat pasca banjir. Penyakit yang ditangani petugas Puskesmas setempat umumnya berupa inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi kulit, asma dan batuk ringan.


Sekkab Kukar HM Husni Thamrin berharap agar masyarakat yang rumahnya terendam dapat bersabar menghadapi banjir tahunan yang selalu datang di musim penghujan tersebut.


Menyikapi berbagai permasalahan yang menimpa warga selama banjir berlangsung, Sekkab HM Husni Thamrin menyatakan akan menggelar rapat koordinasi dengan unsur Muspida dan seluruh dinas/instansi terkait, guna membantu meringankan beban masyarakat. (win)


Aktivitas perekonomian di Kecamatan Muara Kaman menjadi terhambat lantaran pasar dan sebagian toko tutup karena terendam
Photo: Humas Kukar/Atik

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com