Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
   
 
 

Untung Ndik Tetijak
Suatu hari si Hongo dan Henge disuruh mbok Rodah ncari buluh. Maklum hak, mbok Rodah ni ndak molah suman untuk bejualan di pasar batu. Jadi pegi hak sida bedua ni bejalan betis ke Rondong Demang, soalnya disitu maha banyak tumbuh ...
Mahasiswa Demo Dinas Pendidikan Kukar, Tuntut Idrus dan Bachrul Mundur

Mahasiswa Demo Dinas Pendidikan Kukar, Tuntut Idrus dan Bachrul Mundur

Para mahasiswa Unikarta saat melakukan aksi damai ditengah Jalan Imam Bonjol tadi siangPara mahasiswa Unikarta saat melakukan aksi damai ditengah Jalan Imam Bonjol tadi siang
Photo: Yanda


Mahasiswa FISIP Unikarta membagi-bagikan selebaran kepada para pengendara yang melintasi Jalan Imam Bonjol, depan Kantor Dinas Pendidikan Kukar
Mahasiswa FISIP Unikarta membagi-bagikan selebaran kepada para pengendara yang melintasi Jalan Imam Bonjol, depan Kantor Dinas Pendidikan Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 13/01/2005 16:10 WITA
Puluhan mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong yang tergabung dalam Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Unikarta melakukan aksi unjukrasa di depan Kantor Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara tadi pagi.

Mahasiswa menuntut agar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar Drs HM Idrus SY MM dan Wakil Kepala Disdik Kukar Bachrul SSos MM mundur dari jabatannya. Mahasiswa menilai kedua pejabat ini terlibat dalam pengerahan guru untuk berunjukrasa menyikapi situasi politik Kukar pasca dilantiknya H Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar menggantikan H Syaukani HR sehingga membuat proses belajar-mengajar di daerah ini menjadi stagnan.


Salah seorang mahasiswa dengan membawa poster berisi tuntutan agar Kepala dan Wakil Kepala Dinas Pendidikan Kukar diturunkan
Photo: Yanda

Karena tidak ada pejabat dari Dinas Pendidikan yang menerima mereka, mahasiswa FISIP Unikarta melakukan orasi ditengah-tengah jalan Imam Bonjol tepat di depan Kantor Dinas Pendidikan sambil membagi-bagikan selebaran berjudul Tolak Intimidasi Terhadap Guru kepada para pengendara yang lalu-lalang melintasi jalan tersebut.

Dalam tuntutannya tersebut, mahasiswa juga menghimbau agar para guru kembali ke sekolah dan melakukan aktivitas belajar-mengajar seperti biasanya. Selain itu, mahasiswa mendesak polisi agar menindak tegas terhadap aksi sweeping atau intimidasi yang dilakukan terhadap guru, PNS atau honorer yang tidak ikut demo.

Pada poin terakhir tuntutannya, mahasiswa mengharapkan kepada Pemkab Kukar agar benar-benar memperhatikan dunia pendidikan dengan menyisihkan 20% APBD-nya bagi pendidikan.

Demo Tandingan Mendukung Guru Berunjukrasa
Usai menggelar aksi damai, mahasiswa beristirahat sejenak di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kukar serta mengerjakan Salat Dzuhur sebelum kembali ke kampus Unikarta. Pada saat itu lah puluhan pengunjukrasa dari Laskar Gerbang Dayaku tiba di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kukar untuk menggelar demo tandingan.

Aparat keamanan dari Polres Kukar kemudian bersiap-siaga di halaman kantor tersebut sehingga tidak terjadi bentrokan antara dua belah pihak yang berbeda pendapat tersebut.

Dalam aksinya tersebut, demonstran dari Laskar Gerbang Dayaku menyampaikan dukungannya terhadap para guru untuk melakukan unjukrasa menolak SK Mendagri mengenai pengangkatan H Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar yang mereka nilai tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat Kukar.

Usai menyampaikan dukungannya dihadapan pejabat Dinas Pendidikan Kukar yang diwakili Drs Umar Mansyur MM dan Sugiarto, pengunjukrasa dari Laskar Gerbang Dayaku mengakhiri aksi damainya. Begitu pula mahasiswa dari Unikarta yangdengan tertib meninggalkan Kantor Dinas Pendidikan Kukar. (win/nop)

 
Username  
Password  
   

Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

Politik & Peristiwa

 

Pemerintahan

 

Ekonomi & Bisnis

 

Hukum & Kriminal

Si Jago Merah Lalap Tiga Rumah di Kota Bangun
Kebakaran Besar di Loa Duri Ulu Hanguskan 58 Rumah
 
Inilah 157 Pejabat yang Dimutasi pada 10 September 2014
Bupati Kukar Lantik 157 Pejabat Struktural dan 73 Pejabat Fungsional
 
21 Calon Direksi Perusda Tunggang Parangan Lolos Seleksi Administrasi
Pembahasan UMK Kukar 2015 Masih Tunggu Kelengkapan Data
 
Ganja 2,5 kg Masuk Kukar: Dua Tersangka Diciduk, Satu Oknum Honorer Masih Buron
Kasus Penyerangan dan Penembakan Tugboat di Loa Kulu: Polisi Ringkus 9 Oknum Anggota Ormas
             

Hiburan

 

Olahraga

 

Seni Budaya

 

Pendidikan

TDC Hadirkan Drummer Attack II
Stand Up Nite #1: Dodit Mulyanto: Selamat Malam Dengsanak, Kata Orang Saya Tegak Kode
 
Kalah 2-0, Mitra Kukar U-21 Gagal ke Final
Semifinal ISL U-21 2014: Mitra Kukar dan Semen Padang Berebut Tiket ke Final
 
Tenggarong Kutai Carnival 2014 Suguhkan Nature of Borneo
Aneka Lomba Marakkan Festival Kampong Kutai
 
PK2 Unikarta Diikuti 907 Mahasiswa Baru
Hari Pramuka ke-53: Pramuka Loa Kulu Dominasi Juara Gerak Jalan dan Penjelajahan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com