Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mahasiswa Demo Dinas Pendidikan Kukar, Tuntut Idrus dan Bachrul Mundur

Para mahasiswa Unikarta saat melakukan aksi damai ditengah Jalan Imam Bonjol tadi siangPara mahasiswa Unikarta saat melakukan aksi damai ditengah Jalan Imam Bonjol tadi siang
Photo: Yanda


Mahasiswa FISIP Unikarta membagi-bagikan selebaran kepada para pengendara yang melintasi Jalan Imam Bonjol, depan Kantor Dinas Pendidikan Kukar
Mahasiswa FISIP Unikarta membagi-bagikan selebaran kepada para pengendara yang melintasi Jalan Imam Bonjol, depan Kantor Dinas Pendidikan Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 13/01/2005 16:10 WITA
Puluhan mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong yang tergabung dalam Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Unikarta melakukan aksi unjukrasa di depan Kantor Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara tadi pagi.

Mahasiswa menuntut agar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar Drs HM Idrus SY MM dan Wakil Kepala Disdik Kukar Bachrul SSos MM mundur dari jabatannya. Mahasiswa menilai kedua pejabat ini terlibat dalam pengerahan guru untuk berunjukrasa menyikapi situasi politik Kukar pasca dilantiknya H Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar menggantikan H Syaukani HR sehingga membuat proses belajar-mengajar di daerah ini menjadi stagnan.


Salah seorang mahasiswa dengan membawa poster berisi tuntutan agar Kepala dan Wakil Kepala Dinas Pendidikan Kukar diturunkan
Photo: Yanda

Karena tidak ada pejabat dari Dinas Pendidikan yang menerima mereka, mahasiswa FISIP Unikarta melakukan orasi ditengah-tengah jalan Imam Bonjol tepat di depan Kantor Dinas Pendidikan sambil membagi-bagikan selebaran berjudul Tolak Intimidasi Terhadap Guru kepada para pengendara yang lalu-lalang melintasi jalan tersebut.

Dalam tuntutannya tersebut, mahasiswa juga menghimbau agar para guru kembali ke sekolah dan melakukan aktivitas belajar-mengajar seperti biasanya. Selain itu, mahasiswa mendesak polisi agar menindak tegas terhadap aksi sweeping atau intimidasi yang dilakukan terhadap guru, PNS atau honorer yang tidak ikut demo.

Pada poin terakhir tuntutannya, mahasiswa mengharapkan kepada Pemkab Kukar agar benar-benar memperhatikan dunia pendidikan dengan menyisihkan 20% APBD-nya bagi pendidikan.

Demo Tandingan Mendukung Guru Berunjukrasa
Usai menggelar aksi damai, mahasiswa beristirahat sejenak di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kukar serta mengerjakan Salat Dzuhur sebelum kembali ke kampus Unikarta. Pada saat itu lah puluhan pengunjukrasa dari Laskar Gerbang Dayaku tiba di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kukar untuk menggelar demo tandingan.

Aparat keamanan dari Polres Kukar kemudian bersiap-siaga di halaman kantor tersebut sehingga tidak terjadi bentrokan antara dua belah pihak yang berbeda pendapat tersebut.

Dalam aksinya tersebut, demonstran dari Laskar Gerbang Dayaku menyampaikan dukungannya terhadap para guru untuk melakukan unjukrasa menolak SK Mendagri mengenai pengangkatan H Awang Dharma Bakti sebagai Pjs Bupati Kukar yang mereka nilai tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat Kukar.

Usai menyampaikan dukungannya dihadapan pejabat Dinas Pendidikan Kukar yang diwakili Drs Umar Mansyur MM dan Sugiarto, pengunjukrasa dari Laskar Gerbang Dayaku mengakhiri aksi damainya. Begitu pula mahasiswa dari Unikarta yangdengan tertib meninggalkan Kantor Dinas Pendidikan Kukar. (win/nop)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tubuh Diikat Batako, Kakek 70 Tahun Nekat Terjun ke Sungai Belayan
Gelar Razia di Sekolah, Polisi Periksa Tas dan Ponsel Siswa
 
Rita Tetap Pertahankan Pembayaran TPP, Ini Alasannya
Marli Resmi Jadi Sekkab Kukar Definitif
 
Penutupan Erau 2016, Adat Mengulur Naga dan Belimbur Jadi Puncak Kemeriahan Erau
Antisipasi Dampak Negatif Internet, Telkomsel Kampanyekan #InternetBAIK
 
Nyabu di Tempat Karaoke, Anggota DPRD Kukar Ini Diamankan Polisi
Pesta Miras Oplosan di Sebulu: Satu Remaja Tewas dan Satu Kritis
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Rayakan Hari Kemerdekaan, Distorsi Garap Etam Fest 3 Kampong Kreatif
Kemal Palevi Sukses Hibur Publik Tenggarong Lewat #Terkemal Stand Up Special Tour
 
Siap Tempur Lawan Arema, Mitra Kukar Juga Siap Mental Hadapi Teror Aremania
Bawa 18 Pemain ke Malang, Mitra Kukar Incar Poin di Gajayana
 
Warga Desa Sumber Sari di Loa Kulu Garap Festival Kampong Tani
Jadi Warisan Budaya Indonesia: Erau Juga Jadi Festival Budaya Terpopuler 2016
 
Peduli Gerakan Pramuka, Rita Terima Satya Lencana Melati Dari Presiden
Rayakan Kelulusan, Siswa SLTA di Tenggarong Dilarang Konvoi
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com