Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringati Tragedi Trisakti, Mahasiswa Unikarta Gelar Mimbar Bebas

Mahasiswa Unikarta membacakan Sumpah Mahasiswa sebelum memulai Mimbar BebasMahasiswa Unikarta membacakan Sumpah Mahasiswa sebelum memulai Mimbar Bebas
Photo: Yanda


KutaiKartanegara.com - 12/05/2007 16:01 WITA
Tragedi Trisakti yang jatuh pada hari ini, tepat 9 tahun silam, diperingati berbagai elemen mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Tenggarong, dengan menggelar Mimbar Bebas di halaman kampus tersebut.


Mimbar Bebas yang dimaksudkan untuk mengenang gugurnya 4 mahasiswa Universitas Trisakti demi memperjuangkan reformasi ini diisi dengan orasi serta pembacaan puisi oleh sejumlah aktivis mahasiswa Unikarta. Para mahasiswa juga menyanyikan beberapa lagu nasional sebelum orasi dalam Mimbar Bebas dimulai.


Berbagai persoalan nasional, daerah hingga internal kampus menjadi topik yang diangkat dalam orasi para aktivis mahasiswa dalam Mimbar Bebas yang berlangsung selama 2 jam tersebut.


Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Kartanegara (Kukar), Junaidi, mengatakan, agenda reformasi telah melenceng dari yang dicita-citakan. Penegakan hukum masih tidak jelas, terbukti dengan tidak diadilinya mantan Presiden RI, Soeharto, serta belum tuntasnya pengusutan sejumlah kasus pelanggaran Hak Azazi Manusia (HAM) seperti Tragedi Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II.



Berbagai persoalan nasional hingga internal kampus diangkat para aktivis mahasiswa dalam Mimbar Bebas
Photo: Yanda

Junaidi juga menyoroti pelaksanaan otonomi daerah sebagai buah dari reformasi yang telah dimanfaatkan para pejabat daerah untuk mengeruk kekayaan. "Sehingga otonomi daerah malah menciptakan raja-raja kecil dan memunculkan koruptor-koruptor baru," ujarnya.


Senada dengan Junaidi, Koordinator LSM Barisan Oposisi Murni (BOM) Kukar, Efri Novianto, mengangkat isu nasional seperti pengusutan kasus Tragedi Trisakti 12 Mei 1998 serta beberapa kasus pelanggaran HAM lainnya yang masih belum tuntas hingga saat ini.


Selain itu, Efri juga menyoroti pihak eksekutif dan legislatif di Kukar agar segera melakukan transparansi terhadap penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selain itu, lanjutnya, penegakan hukum harus serius dilakukan terhadap pelaku KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) di daerah ini.


Persoalan internal di kampus Unikarta tak luput dari sorotan Efri. Dia menyerukan agar fasilitas kampus Unikarta segera dibenahi dan meminta agar gaji para dosen maupun karyawan Unikarta segera dibayarkan demi kelancaran pendidikan di 'Kampus Ungu' Unikarta ini.


Sementara itu, mahasiswa FISIP Unikarta lainnya yakni Rudi menyerukan agar reformasi juga dilakukan di kampus Unikarta. "Polemik di kampus Unikarta harus segera diselesaikan. Rektor juga tidak pernah hadir di kampus. Jadi, sudah saatnya reformasi dilakukan di kampus kita," seru Rudi yang juga Komunitas Orang Pinggiran (KOPI) Kukar ini.


Dia juga menyerukan kepada seluruh mahasiswa Unikarta untuk segera bangun dari tidur dan mulai bersikap kritis terhadap berbagai persoalan bangsa, daerah termasuk persoalan di kampus sendiri.


Mimbar Bebas dalam rangka peringatan 9 tahun Tragedi Trisakti ini mengambil tema "Satu Visi, Satu Misi, Satu Gerakan, Satu Cita-Cita, Mengawal Kutai Kartanegara Menjalankan Amanah Reformasi '98". (win/nop)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com