Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemutakhiran Data Penduduk dan Pemilih Pilkada Baru Capai 16,67%

Petugas operator pemutakhiran data penduduk Kukar saat melakukan entri data
Petugas operator pemutakhiran data penduduk Kukar saat melakukan entri data
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/04/2005 11:04 WITA
Proses pemutakhiran data penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan pemilih yang akan menyalurkan suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung di Kukar 1 Juni 2005 mendatang ternyata masih mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut diantaranya adalah kurang lengkapnya isian formulir data penduduk, terbatasnya perangkat pengolahan data serta kurang maksimalnya pekerjaan di lapangan.

Dari 15 kecamatan yang telah selesai melakukan pendataan penduduk, baru 3 kecamatan yang data penduduknya dimasukkan dalam database yakni Muara Kaman, Loa Kulu dan Kenohan atau baru mencapai 16,67 % dari keseluruhan kecamatan. Sementara 3 kecamatan yang hingga kini masih belum menyelesaikan pendataan penduduk adalah Kecamatan Tenggarong, Loa Janan dan Tabang.

Dan meski Kecamatan Muara Kaman, Loa Kulu dan Kenohan telah melakukan pendataan penduduk, tiga kecamatan tersebut masih harus menyempurnakan kembali data penduduknya dikarenakan adanya beberapa isian formulir data penduduk yang tidak diisi atau masih kosong.

Demikian hal tersebut diungkap Galih Wilyanto dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar dalam rapat koordinasi pemutakhiran data penduduk dengan seluruh Camat se-Kukar yang berlangsung di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (06/04) siang.


Galih Wilyanto saat memaparkan kendala-kendala yang dihadapi dalam pemutakhiran data
Photo: Agri

Menurut Galih, isian yang tidak lengkap tersebut tentunya menyulitkan bagi petugas operator pemutakhiran data karena adanya aturan validasi pada program sehingga untuk kasus semacam ini data penduduk atau data pemilih tidak dapat dientri dalam database.

Untuk itu, lanjut Galih, formulir lampiran II akan segera dikembalikan ke kecamatan agar disempurnakan lagi. Disebutkannya, kasus ini sering terjadi di Kecamatan Muara Kaman pada RT 1 dan RT 3 Desa Muara Kaman Ulu dimana formulir hanya diisi nama saja tanpa informasi-informasi lainnya seperti umur, status perkawinan, pekerjaan dan lain-lain.

Selain itu, terdapat pula isian formulir yang telah dilengkapi dengan data nama dan status perkawinan, namun data tanggal lahir atau umur tidak diisi. "Padahal data tersebut sangat vital dan harus diisi petugas operator saat melakukan entri data," papar Galih sambil mempraktekkan kegagalan proses entri data jika tidak memasukkan data tanggal lahir.

Kasus tersebut, lanjut Galih, hampir terjadi di semua kecamatan yang telah dilakukan entri data seperti Muara Kaman, Loa Kulu dan Kenohan. "Untuk meminimalkan terjadinya penduduk yang tidak terdaftar, terpaksa petugas tetap melakukan entri data dengan memperkirakan umur penduduk tersebut dengan memperhatikan status perkawinannya, jenis pekerjaan maupun tingkat pendidikan," ujarnya.

Dijelaskan pula oleh Galih, saat ini proses pemutakhiran data yang dilaksanakan Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Kukar bekerjasama dengan BPS Kukar melibatkan 20 orang petugas operator yang dibagi dalam dua shift. Shift I yang terdiri dari 10 orang mulai bekerja pada pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, sementara 10 petugas lainnya bekerja pada Shift II mulai pukul 16.00 hingga 24.00 WITA.

"Proses entri data telah dimulai sejak 1 April lalu dan akan berlangsung hingga 22 April 2005. Agar pemutakhiran data dapat mencapai target, perlu dilakukan beberapa alternatif seperti penambahan Shift III mulai pukul 24.00 WITA hingga 06.00 WITA atau pengadaan lokasi pengolahan baru di BPS Provinsi Kaltim dengan menyewa pakai 10 unit komputer eks pengolahan P4B," demikian katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com