Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hasil Penelitian Tim Unhas-Unair
Kinerja Puskesmas di Kukar Masih Dalam Posisi Transisi

Suasana presentasi hasil penelitian tim Unhas-Unair mengenai Puskesmas se-Kukar
Suasana presentasi hasil penelitian tim Unhas-Unair mengenai Puskesmas se-Kukar
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

KutaiKartanegara.com - 01/05/2007 21:33 WITA
Setelah diteliti oleh tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, ternyata kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang jumlahnya 27 unit secara keseluruhan berada di posisi transisi.


Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja rata-rata Puskesmas di Kukar berada di tingkatan menengah. Posisi ini dapat menjadi suatu awal yang baik untuk melakukan pembenahan terhadap sejumlah kelemahan yang dimiliki.


Hal tersebut terungkap dalam presentasi hasil sementara terhadap Identifikasi Kinerja dan Penguatan Manajemen Puskesmas yang digelar Senin (30/04) kemarin di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong.


Presentasi hasil penelitian kinerja Puskesmas ini disampaikan di hadapan Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar, Kepala Dinas Kesehatan dr H Abdurahman dan sejumlah pimpinan Puskesmas se-Kukar.


Penelitian kinerja Puskesmas yang dilakukan tim dari Unhas dan Unair ini berlangsung selama dua bulan melibatkan 20 peneliti dari kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut.



Peneliti dari Unhas Makassar Syahrir A Pasinringi (kiri) saat mempresentasikan kinerja Puskesmas se-Kukar
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

Menurut Ketua tim peneliti dari Unhas, Syahrir A Pasinringi MKes, puskesmas yang memiliki skor kinerja tertinggi adalah Puskesmas Loa Ipuh di Kota Tenggarong dengan total nilai skor 163,5.


Sedangkan puskesmas yang memiliki skor kinerja terendah ada dua yaitu Puskesmas Muara Jawa dan dan Puskesmas Tabang dengan total skor kinerja hanya 117.0.


Kenapa Puskesmas di Kukar di nilainya dalam posisi transisi? Menurutnya, karena hasil analisis skor kinerja puskesmas berdasarkan kerangka balance scorecard menunjukkan bahwa skor kinerja rata-rata puskesmas di Kukar secara normatif bernilai 136,3. "Skor tersebut berada pada kategori transisi yang rentang skornya ditetapkan antara 123,2 hingga 143,7," ujarnya.


Hal inilah yang mengindikasikan bahwa kinerja puskesmas se Kukar berada pada tingkatan menengah. "Atau istilah yang biasa kami sebut, berada di posisi transisi," ujarnya.


Dijelaskan pula bahwa dari 27 puskesmas itu, 5 diantaranya tergolong konvensional, 12 tergolong transisi dan sisanya 10 unit disebut Puskesmas Berkembang. Sedang dilihat dari kinerjanya, ada 10 Puskesmas memiliki skor kinerja relatif di bawah rata-rata, 6 unit di atas rata-rata, 8 unit relatif lebih baik dan 3 relatif paling baik.


Syahrir AP kemudian menyarankan kepada Pemkab Kukar khususnya Dinas Kesehatan Kukar, agar memprioritaskan penataan aspek keorganisasian dan manajemen Puskesmas melalui pelatihan.


Termasuk melakukan fit and proper test bagi Kepala Puskesmas. Kemudian memperjelas status Kepala Puskesmas, apakah jabatan fungsional atau struktural. "Serta menetapkan masa jabatan tertentu bagi kepala puskesmas," katanya.


Sebab, lanjutnya, sebagian besar Puskesmas di Kukar berada pada kategori tertinggal (55%), kategori penerobosan dan rabun jauh 7,5% dan 30% kategori jago kandang.


Sementara Wabup Samsuri Aspar berharap agar masukan penting ini dapat disikapi dengan baik oleh dinas terkait. Karena pembangunan kesehatan adalah bagian tak terpisahkan dari upaya menciptakan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal bagi pembangunan daerah.


"Lebih penting lagi peningkatan mutu SDM menjadi salah satu target yang harus dicapai sesuai dengan program Gerbang Dayaku Tahap II," ujarnya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com