Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Pengukuhan Kerapatan Wilayah SK2 Bontang

Para pengurus SK2 Kerapatan Wilayah Bontang masa bakti 2007-2011 saat membacakan Ikrar Urang KutaiPara pengurus SK2 Kerapatan Wilayah Bontang masa bakti 2007-2011 saat membacakan Ikrar Urang Kutai
Photo: Agri


Panglima Pore SK2 H Adji Ridwan Sya'ranie menarik Ketikai Lepas bersama Ketua Dewan Tetuha SK2 Bontang H Adi Darma
Panglima Pore SK2 H Adji Ridwan Sya'ranie menarik Ketikai Lepas bersama Ketua Dewan Tetuha SK2 Bontang H Adi Darma
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 04/04/2007 20:14 WITA
Pengurus Sempekat Keroan Kutai (SK2) Kerapatan Wilayah Bontang masa bakti 2007-2011 secara resmi dikukuhkan Selasa (03/04) malam di lapangan Parikesit, Kota Bontang.

Pengukuhan pengurus Kerapatan Wilayah dan Dewan Tetuha SK2 Bontang yang berlangsung meriah ini dihadiri ribuan warga Bontang, para pejabat teras Pemkot Bontang mulai dari Walikota H Andi Sofyan Hasdam, pejabat Muspida serta tokoh dari beberapa paguyuban masyarakat se-Bontang.

Selain diisi hiburan tari-tarian tradisional rakyat Kutai, acara juga disemarakkan dengan hiburan dari artis dangdut Yuli KDI.

Jajaran pengurus SK2 Kerapatan Wilayah Bontang yang dikukuhkan terdiri dari 28 pengurus Kerapatan Wilayah yang dipimpin Asisten III Setdakot Bontang H Asmudin Hamzah selaku Petinggi Wilayah.


Walikota Bontang H Andi Sofyan Hasdam mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus SK2 Bontang yang baru dikukuhkan
Photo: Agri

Sementara posisi Penjawat Surat Wilayah atau Sekretaris dipercayakan kepada Asrul Sani. Kemudian sebagai Penjawat Pitis Wilayah atau Bendahara dipegang oleh A Rizani. Secara bersamaan juga dikukuhkan Dewan Tetuha SKK Kerapatan Wilayah Bontang yang diketuai Sekretaris Daerah Kota Bontang H Adi Darma.

Pengukuhan pengurus SK2 Kerapatan Wilayah Bontang ini ditandai dengan pembacaan Ikrar Urang Kutai, dilanjutkan upacara Tempong Tawar dan Ketikai Lepas oleh Panglima Pore SK2 H Adji Ridwan Sya'ranie BA.

Panglima Pore Sempekat Keroan Kutai H Adji Ridwan Sya'ranie BA dalam sambutannya mengatakan bahwa SK2 berada diluar struktur Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura. "Keraton memiliki lembaga sendiri yang mengurusi keraton, sedangkan Sempekat Keroan Kutai untuk mengurusi masyarakat Kutai," ujarnya.

Kehadiran SK2 bukan dimaksudkan untuk menyusun kekuatan atau mendepak etnis-etnis yang ada. Namun, organisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan seluruh etnis yang ada.


Walikota Bontang Sofyan Hasdam menyerahkan kenang-kenangan kepada AP Soerya Adi Kesoema yang mewakili Sultan Kutai Kartanegara
Photo: Agri

"Karena sejak awal orang Kutai selalu hidup rukun dengan etnis lain yang telah terbukti sejak masa pemerintahan kerajaan di masa lalu," katanya.

Adji Ridwan berharap agar kerjasama antara masyarakat Kutai dengan etnis lain dapat terus meningkat. Etnis manapun sama dengan orang Kutai, kalau kita makan di tanah Kutai, mari kita jadi orang Kutai. Karena sesuai pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" kata Adji Ridwan.

Sementara Walikota Bontang H Andi Sofyan Hasdam menyatakan kebanggaannya atas dikukuhkannya Kerapatan Wilayah SK2 di Kota Bontang. Apalagi kehadiran SK2 akan memperkuat persatuan dan kesatuan di Bontang.

Sofyan Hasdam berharap kehadiran SK2 dapat menambah khasanah seni dan budaya di Kota Bontang. Dia juga berharap agar masyarakat Kutai di Bontang dapat mendukung dan berpartisipasi dalam membangun daerah tersebut.

Walikota Bontang menekankan tiga hal kepada jajaran pengurus SKK Kerapatan Wilayah Bontang. "Pertama, jaga kerapatan sesama warga Kutai dan etnis lain. Kedua, hargai adat istiadat budaya leluhur sesama etnis. Dan ketiga, pertahankan aset pariwisata dan budaya di kota Bontang," pesannya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar: Gerri Tampil Gemilang, Naga Mekes Bawa Pulang Satu Poin
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com