Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aliansi Parpol dan Forsa Kukar Protes KPK
Pemeriksaan Syaukani Dinilai Tidak Manusiawi

Suasana aksi unjukrasa Aliansi Parpol dan Forsa Kukar di gedung DPRD Kukar tadi siangSuasana aksi unjukrasa Aliansi Parpol dan Forsa Kukar di gedung DPRD Kukar tadi siang
Photo: Gugun


KutaiKartanegara.com - 22/03/2007 20:38 WITA
Tindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menjemput dan memeriksa Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Syaukani HR yang masih dalam keadaan sakit, Jum'at (16/03) lalu, menuai protes dari para pendukung Syaukani.


Seperti yang terjadi hari ini. Puluhan demonstran dari Aliansi Partai Politik (Parpol) Kukar dan Forum Syaukani (Forsa) Kukar mendatangi gedung dewan untuk menyampaikan protes mereka terhadap perlakuan KPK tersebut yang dinilai tidak manusiawi dan sewenang-wenang.


"Perlakuan KPK yang memeriksa Bupati Kukar yang saat itu masih dalam kondisi sakit tidaklah manusiawi. Sangat jelas sekali KPK terlalu memaksakan pemeriksaan di saat seseorang sedang sakit. Tentu saja ini sangatlah menyinggung hak azasi manusia (HAM) seseorang," ujar Saleh Hakim selaku Koordinator Aksi.


Pihaknya sangat menyayangkan pihak pemeriksa KPK tidak memperhatikan keadaan Bupati Kukar yang tengah sakit. "KPK telah semena-mena terhadap Syaukani dan ini tidak manusiawi," katanya.


Dalam aksi damainya, para pengunjukrasa menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 4 butir. Pertama, tetap peduli terhadap perkembangan dan pembangunan politik yang kondusif di daerah Kaltim umumnya dan Kukar pada khususnya.


Kedua, menolak adanya statement yang mengarah kepada rekayasa politik yang dapat menciptakan instabilitas pembangunan di Kukar dan rasa kenyamanan berkehidupan yang dikaitkan baik langsung maupun tidak langsung dengan proses hukum yang dihadapi oleh Bupati Kukar.


Ketiga, meminta kepada DPRD Kukar menjaga aspirasi masyarakat Kukar untuk tetap mendukung pencalonan H Syaukani HR sebagai Calon Gubernur Kaltim periode 2008-2013.


DPRD Kukar juga diminta menentukan sikap bahwa proses pemeriksaan yang dilakukan terakhir terhadap Bupati Kukar yang dalam kedaan sakit oleh KPK adalah melanggar HAM seseorang sebagaimana yang diamanatkan dalam amandemen UUD 1945 Pasal 28.


Keempat, meminta agar masyarakat Kukar tetap bersatu menjaga stabilitas kehidupan bermasyarakat, serta bersama-sama mendoakan bagi kesembuhan H Syaukani HR agar segera terlepas dari persoalan yang sedang dihadapi.


Sementara Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi di hadapan para pengunjukrasa menyatakan dapat memahami aspirasi dan kepedulian pihak Aliansi Parpol Kukar dan Forsa terhadap Bupati H Syaukani HR.


Kendati demikian, Bachtiar Effendi menyampaikan pesan Bupati Kukar bahwa dia menginginkan agar masyarakat tetap tenang dan menjaga kedamaian di Kukar.


"Kita harus tetap menjaga keadaan daerah ini agar tetap kondusif. Jadi pak Syaukani minta agar masyarakat jangan melakukan tindakan melawan hukum selama beliau dalam pemeriksaan," kata Bachtiar menyampaikan pesan Syaukani yang diterimanya lewat SMS di ponselnya. (win/gun)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Ekspedisi Merah Putih Polres Kukar: Jalan Kaki 12 KM, Kibarkan Merah Putih di Puncak Bukit
Songsong HUT Kemerdekaan RI ke-73: Ratusan Pelajar di Muara Kaman Ikuti Baris Obor
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Dua Langsung Bebas di Hari Kemerdekaan, 680 Warga Binaan Lapas Tenggarong Terima Remisi
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jeda Kompetisi, Pemain Mitra Kukar Diberi Jatah Libur 9 Hari
Uji Coba Kedua, Mitra Kukar U-19 Menang 3-1 Atas Pertamina MOR VI
 
Erau 2018 Ditutup Dengan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
Balap Perahu Ketinting Makin Diminati, Ini Pemenangnya
 
Tanoto Foundation Sosialisasikan Program Pelita Pendidikan
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Kukar dan Tanoto Foundation Jalin Kerja Sama
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com