Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Unikarta Gandeng Universitas Kobe
Kerjasama Peningkatan Kualitas SDM Unikarta

Koordinator Kemitraan dari Universitas Kobe, Dr Izumi Okata (kanan), ketika berkunjung ke kampus Unikarta yang disambut PR II Unikarta Dr Ir HM Aswin MM
Koordinator Kemitraan dari Universitas Kobe, Dr Izumi Okata (kanan), ketika berkunjung ke kampus Unikarta yang disambut PR II Unikarta Dr Ir HM Aswin MM
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 27/02/2007 23:52 WITA
Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) kembali membuat langkah strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikannya. Tak tanggung-tanggung, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jepang berhasil digandeng, yakni Universitas Kobe.


Guna memantapkan kerjasama antar kedua perguruan tinggi tersebut, Dr Izumi Okata selaku Koordinator Kemitraan Universitas Kobe tadi siang mengunjungi kampus Unikarta di Jalan Gunung Kombeng, Tenggarong.


Kedatangan Dr Izumi Okata ini disambut oleh Pembantu Rektor (PR) II Dr Ir HM Aswin MM dan PR I Ir HM Arifin Mas'ud di gedung Rektorat Unikarta.


Dalam kesempatan tersebut, HM Aswin terlebih dahulu memaparkan profil kampus Unikarta yang terdiri dari 7 Fakultas, dengan jumlah mahasiswa mencapai 6.435 orang. "Hingga tahun akademik 2006, jumlah lulusan Unikarta telah mencapai 5.162 orang," ujarnya.


Menurut Aswin, selain telah menjalin kemitraan dengan Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta serta perguruan tinggi lokal lainnya, Unikarta juga menjalin kerjasama dengan Portland State University, Oregon, Amerika Serikat. "Namun sayangnya kerjasama dengan universitas di AS ini belum berjalan baik," kata Aswin.


Oleh karena itu, PR II Unikarta ini berharap agar Universitas Kobe dapat memberikan program-program kemitraan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Unikarta.



PR II Unikarta Dr Ir HM Aswin MM (kanan) memaparkan profil Unikarta
Photo: Agri

Sementara dikatakan Dr Izumi Okata yang didampingi Ai Maryam, Universitas Kobe siap menjalin kerjasama di bidang peningkatan kualitas SDM para pengajar maupun lulusan berprestasi dari Unikarta.


Menurut Okata, program yang ditawarkan tersebut berupa pendidikan program pasca sarjana maupun doktoral. Yang menarik, seluruh biaya bagi pengajar atau lulusan berprestasi Unikarta tersebut sepenuhnya ditanggung Pemerintah Jepang melalui beasiswa.


Ditambahkannya, berkat terjalinnya kerjasama antara kedua belah pihak yang berbasis U2U (University to University), maka pihak Unikarta memiliki kemudahan untuk mengirimkan pengajarnya untuk menempuh program pasca sarjana di Negeri Matahari Terbit. "Rektor atau Pembantu Rektor Unikarta tinggal membuat rekomendasi, siapa saja yang akan dikirim ke Universitas Kobe," jelasnya.


"Pemerintah Jepang akan menanggung biaya perjalanan dari Kutai Kartanegara hingga ke Jepang. Selain itu, Pemerintah Jepang akan memberikan beasiswa yang per bulannya berkisar antara Rp 13 juta hingga Rp 16 juta," kata Okata yang diterjemahkan oleh Ai Maryam.


Selain itu, lanjut Okata, Universitas Kobe juga menawarkan kerjasama antara mahasiswa kedua perguruan tinggi dengan melakukan kemitraan penelitian. "Program ini bisa dilakukan antara bulan Juli hingga September yang bertepatan dengan libur mahasiswa," katanya.


Lebih lanjut dikatakan Okata bahwa terjalinnya kerjasama antara Unikarta dengan Universitas Kobe ini tak lepas dari kegigihan Rektor Unikarta Prof Dr H Syaukani HR MM dalam menjajaki kerjasama ini sejak 1,5 tahun lalu.


Menurutnya, pemaparan yang disampaikan Rektor Unikarta tersebut ternyata mampu memikat pihak Universitas Kobe hingga akhirnya kerjasama antara kedua belah pihak dapat terwujud. (win)


Suasana pertemuan antara Dr Izumi Okata dengan pihak Rektorat Unikarta di Tenggarong tadi siang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com