Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Unikarta Gandeng Universitas Kobe
Kerjasama Peningkatan Kualitas SDM Unikarta

Koordinator Kemitraan dari Universitas Kobe, Dr Izumi Okata (kanan), ketika berkunjung ke kampus Unikarta yang disambut PR II Unikarta Dr Ir HM Aswin MM
Koordinator Kemitraan dari Universitas Kobe, Dr Izumi Okata (kanan), ketika berkunjung ke kampus Unikarta yang disambut PR II Unikarta Dr Ir HM Aswin MM
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 27/02/2007 23:52 WITA
Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) kembali membuat langkah strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikannya. Tak tanggung-tanggung, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jepang berhasil digandeng, yakni Universitas Kobe.


Guna memantapkan kerjasama antar kedua perguruan tinggi tersebut, Dr Izumi Okata selaku Koordinator Kemitraan Universitas Kobe tadi siang mengunjungi kampus Unikarta di Jalan Gunung Kombeng, Tenggarong.


Kedatangan Dr Izumi Okata ini disambut oleh Pembantu Rektor (PR) II Dr Ir HM Aswin MM dan PR I Ir HM Arifin Mas'ud di gedung Rektorat Unikarta.


Dalam kesempatan tersebut, HM Aswin terlebih dahulu memaparkan profil kampus Unikarta yang terdiri dari 7 Fakultas, dengan jumlah mahasiswa mencapai 6.435 orang. "Hingga tahun akademik 2006, jumlah lulusan Unikarta telah mencapai 5.162 orang," ujarnya.


Menurut Aswin, selain telah menjalin kemitraan dengan Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta serta perguruan tinggi lokal lainnya, Unikarta juga menjalin kerjasama dengan Portland State University, Oregon, Amerika Serikat. "Namun sayangnya kerjasama dengan universitas di AS ini belum berjalan baik," kata Aswin.


Oleh karena itu, PR II Unikarta ini berharap agar Universitas Kobe dapat memberikan program-program kemitraan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Unikarta.



PR II Unikarta Dr Ir HM Aswin MM (kanan) memaparkan profil Unikarta
Photo: Agri

Sementara dikatakan Dr Izumi Okata yang didampingi Ai Maryam, Universitas Kobe siap menjalin kerjasama di bidang peningkatan kualitas SDM para pengajar maupun lulusan berprestasi dari Unikarta.


Menurut Okata, program yang ditawarkan tersebut berupa pendidikan program pasca sarjana maupun doktoral. Yang menarik, seluruh biaya bagi pengajar atau lulusan berprestasi Unikarta tersebut sepenuhnya ditanggung Pemerintah Jepang melalui beasiswa.


Ditambahkannya, berkat terjalinnya kerjasama antara kedua belah pihak yang berbasis U2U (University to University), maka pihak Unikarta memiliki kemudahan untuk mengirimkan pengajarnya untuk menempuh program pasca sarjana di Negeri Matahari Terbit. "Rektor atau Pembantu Rektor Unikarta tinggal membuat rekomendasi, siapa saja yang akan dikirim ke Universitas Kobe," jelasnya.


"Pemerintah Jepang akan menanggung biaya perjalanan dari Kutai Kartanegara hingga ke Jepang. Selain itu, Pemerintah Jepang akan memberikan beasiswa yang per bulannya berkisar antara Rp 13 juta hingga Rp 16 juta," kata Okata yang diterjemahkan oleh Ai Maryam.


Selain itu, lanjut Okata, Universitas Kobe juga menawarkan kerjasama antara mahasiswa kedua perguruan tinggi dengan melakukan kemitraan penelitian. "Program ini bisa dilakukan antara bulan Juli hingga September yang bertepatan dengan libur mahasiswa," katanya.


Lebih lanjut dikatakan Okata bahwa terjalinnya kerjasama antara Unikarta dengan Universitas Kobe ini tak lepas dari kegigihan Rektor Unikarta Prof Dr H Syaukani HR MM dalam menjajaki kerjasama ini sejak 1,5 tahun lalu.


Menurutnya, pemaparan yang disampaikan Rektor Unikarta tersebut ternyata mampu memikat pihak Universitas Kobe hingga akhirnya kerjasama antara kedua belah pihak dapat terwujud. (win)


Suasana pertemuan antara Dr Izumi Okata dengan pihak Rektorat Unikarta di Tenggarong tadi siang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com