Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemuda Kukar Keluarkan Konsensus Bersama
Jaga Situasi Tetap Kondusif, Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

Koordinator LSM BOM Efri Novianto (tengah) didampingi Ketua PMII Kukar Junaidi dan Presiden BEM Unikarta Fatahuddin saat menyampaikan Konsensus Bersama Pemuda Kukar
Koordinator LSM BOM Efri Novianto (tengah) didampingi Ketua PMII Kukar Junaidi dan Presiden BEM Unikarta Fatahuddin saat menyampaikan Konsensus Bersama Pemuda Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 28/01/2007 19:21 WITA
Menyikapi berbagai persoalan dan situasi yang berkembang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akhir-akhir ini, 9 organisasi kemasyarakatan, kepemudaan dan kemahasiswaan di Kukar hari ini mengeluarkan Konsensus Bersama Pemuda Kutai Kartanegara.


Konsensus yang berisi 10 butir pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh Koordinator LSM Barisan Oposisi Murni (BOM) Efri Novianto, Ketua PC PMII Kukar Junaidi, Presiden BEM Unikarta Fatahuddin, dan Presiden BEM FISIP Unikarta Wahyudi.


Kemudian Ketua Umum BPM FISIP Unikarta Kozin Ansor, Ketua Umum BPM Fakultas Hukum Unikarta Mahendra dan Ketua Umum BPM FKIP Unikarta Solihin, Koordinator Komunitas Orang Pinggiran (KOPI) Kukar Rudi Nur, dan Ketua Umum PC IPNU Kukar Sudirman.


"Banyak hal yang mesti kami sikapi saat ini, seperti persoalan penegakan supremasi hukum terutama pemberantasan korupsi, proyek bermasalah dan ijazah palsu yang melibatkan kalangan eksekutif maupun legislatif," ujar Efri Novianto mewakili rekan-rekannya dalam jumpa pers di Tenggarong tadi siang.


Selain itu, lanjutnya, masalah suksesi Gubernur Kaltim 2008 secara sadar atau tidak sadar telah membawa masyarakat Kukar kepada kontaminasi kepentingan kelompok, partai dan kekuasaan yang mengarah kepada perpecahan, tak terkecuali pemuda dan mahasiswa.


"Atas dasar itu semua, kami berpendapat bahwa perlu penyikapan khususnya dari pemuda dan mahasiswa Kukar, untuk turut membantu menjaga situasi tetap kondusif," kata Koordinator LSM BOM ini.



Konsensus Bersama Pemuda Kukar dikeluarkan 9 elemen kemasyarakatan, kepemudaan dan kemahasiswaan di Kukar
Photo: Agri

Efri kemudian membacakan 10 butir pernyataan sikap dalam Konsensus Bersama Pemuda Kukar tersebut. Pertama, menghimbau kepada masyarakat Kukar untuk tidak mudah terpengaruh oleh issue-issue yang mengarah pada bentuk provokasi politik.


"Kedua, menyatakan bahwa secara kelembagaan, organisasi kami tidak terpengaruh dan terlibat kepentingan kelompok politik manapun," ucapnya.


Ketiga, menyerahkan dan mempercayakan penyelesaian kasus korupsi, khususnya pembangunan Bandara Loa Kulu kepada aparat hukum dalam hal ini KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). "Dan tidak perlu diadakan Pansus DPRD Kukar untuk menyelidiki masalah tersebut," tegasnya.


Keempat, kepada pihak kepolisian agar segera menindaklanjuti laporan dari masyarakat khususnya kasus korupsi, ijazah palsu, ilegal logging, ilegal mining, maupun proyek-proyek bermasalah di Kukar.


Kelima, kepada pihak kejaksaan agar secepatnya meneruskan kasus-kasus yang sudah lengkap barang bukti dan saksi (P 21) ke pengadilan dan segera melaksanakan eksekusi terhadap vonis 12 bulan penjara terhadap terpidana Jois Lidya. "Karena putusan Pengadilan Tinggi Kaltim sudah berkekuatan tetap," imbuhnya.


Kemudian yang keenam, kepada pihak pengadilan agar dalam menjatuhkan vonis hukum kepada para terdakwa, dapat bersikap adil atau tidak pandang bulu.


Ketujuh, kepada pihak eksekutif agar segera membenahi fasilitas dan pelayanan publik khususnya pendidikan, kesehatan, air bersih, listrik, dan sarana transportasi.


Para Pemuda Kukar juga menghimbau kepada pihak eksekutif dan legislatif agar segera melakukan upaya-upaya tranparansi APBD 2007, kemudian segera merealisasikan 20% APBD untuk pendidikan serta mengeluarkan item anggaran mengenai Bandara Loa Kulu dari APBD 2007.


"Kepada eksekutif dan legislatif juga agar lebih mengutamakan kepentingan publik dalam melakukan pembangunan, khususnya yang bermanfaat dalam jangka panjang. Dan terakhir, kepada semua pihak agar mendukung upaya-upaya yang mengarah kepada perbaikan pelayanan birokrasi Pemkab Kukar, baik yang disuarakan oleh pemuda maupun masyarakat," ujarnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com