Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Nyatakan Perlawanan Terhadap PT Lonsum
Barisan Dayak Tuntut Pembebasan 3 Warga Tanjung Isuy

Koordinator Lapangan Barisan Dayak Menggugat, Misheldi Zahri, saat memimpin unjuk rasa di PN Tenggarong tadi siangKoordinator Lapangan Barisan Dayak Menggugat, Misheldi Zahri, saat memimpin unjuk rasa di PN Tenggarong tadi siang
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 18/01/2007 18:10 WITA
Puluhan orang pengunjukrasa yang menamakan dirinya Barisan Dayak Menggugat tadi siang mendatangi gedung Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong. Mereka menuntut agar 3 orang rekan mereka yang saat ini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tenggarong segera dibebaskan.


Tiga orang yang dimaksud adalah Asmara Saputra, Indra Jaya dan Tani. Mereka merupakan warga Desa Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, yang ditahan sejak bulan September 2006 atas gugatan perusahaan perkebunan PT Lonsum. Namun proses peradilan terhadap ke tiga orang ini masih berlarut-larut dan bahkan hingga kini belum disidangkan.


Dikatakan Misheldi Zahri dari Penggawa Adat Borneo, penahanan ke tiga warga Tanjung Isuy merupakan sebuah tragedi yang menambah coreng hitam penegakan hukum di bumi Kalimantan Timur.


Menurutnya, ke tiga warga tersebut berupaya memperjuangkan hak-haknya yang dirampas pihak PT Lonsum. "Sikap arogansi perusahaan dengan melibatkan oknum-oknum petugas kepolisian, aparat hukum serta oknum pemerintahan menjadi bagian terbusuk yang terus menghantui masyarakat," tandasnya.


Oleh karena itu, lanjutnya, Barisan Dayak Menggugat menyatakan perlawanan terhadap pihak PT Lonsum serta oknum-oknum yang telah membantu dan mendukung perusahaan untuk merampas hak-hak masyarakat Dayak di Tanjung Isuy.


Selain menuntut pembebasan 3 orang rekannya, Barisan Dayak Menggugat juga menuntut agar ke tiga orang tersebut dilepaskan dari semua tuntutan pihak PT Lonsum.


"Dan kami menuntut hak kami, hak seluruh warga masyarakat di Tanjung Isuy atas tanah yang saat ini dirampas dan dikuasai oleh PT Lonsum," tegas Misheldi.


Setelah sempat berorasi beberapa saat, Misheldi dan beberapa perwakilan pengunjukrasa diterima Ketua PN Tenggarong Sudirman WP SH MH untuk berdialog di ruang kerjanya. Pertemuan tersebut bersifat tertutup sehingga tidak dapat diliput wartawan.


Usai berdialog dengan Ketua PN Tenggarong dan jajarannya, Misheldi mengatakan kepada puluhan rekannya bahwa ketiga rekan mereka bisa ditangguhkan penahanannya. Karena sesuai saran Ketua PN, ujarnya, ketiga orang yang ditahan tersebut bisa mengajukan permohonan penangguhan penahanan.


Misheldi kemudian mengajak rekan-rekannya meninggalkan PN Tenggarong dengan tertib untuk bersama-sama menuju Lapas Tenggarong "Mari kita bersama-sama ke Lapas menemui rekan kita untuk memberi kekuatan kepada mereka," seru Misheldi disambut sorak-sorai para pengunjukrasa Barisan Dayak Menggugat. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com