Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tenggarong Tertinggi Penggunaan Narkoba

Suasana seminar BNBP yang diselenggaran GOW dalam rangka menyambut Hari Ibu 2006
Suasana seminar BNBP yang diselenggaran GOW dalam rangka menyambut Hari Ibu 2006
Photo: Rian

KutaiKartanegara.com - 20/12/2006 20:12 WITA
Kecamatan Tenggarong sebagai ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan daerah rawan peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (Narkoba). Oleh sebab itu, Polres Kukar mengkategorikan Tenggarong sebagai kecamatan tertinggi dalam penggunaan Narkoba dibanding 17 Kecamatan lainnya di Kukar.


Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Bimbingan dan Penyuluhan Satuan Narkoba Polres Kukar Aiptu Muhammad Darsono, Selasa (19/12) kemarin, saat tampil memberikan materi di seminar Bahaya Narkoba Bagi Pelajar (BNBP) di Masjid Nurul Ilmi, SMUN 2 Tenggarong.


Selain kota Tenggarong, lanjutnya, tempat kedua yang menempati posisi tertinggi di Kukar dalam hal peredaran Narkoba adalah Kecamatan Loa Janan dan Loa Kulu.


Kenapa ke tiga wilayah menjadi wilayah rawan narkoba? Menurut Darsono karena ketiga wilayah tersebut selain mudah dijangkau dari Samarinda dan memiliki banyak siswa pelajar juga tingkat pendapatan masyarakatnya terbilang cukup tinggi. Sebab sasaran utama para sindikat narkoba adalah para siswa pelajar.


Menyinggung tentang sanksi hukum, menurutnya bagi pengedar maupun yang menkonsumsi narkoba hukumannya jelas yaitu kurungan mulai dari setahun, 20 tahun hingga hukuman mati. "Hal ini sesuai dengan UU Psikotropika," katanya.


Sementara pemateri lain yaitu dr Endri dari RSUD AM Parikesit Tenggarong lebih banyak mengupas dampak negatif akibat menggunakan narkoba terhadap kesehatan manusia.


Menurutnya, narkoba itu pada dasarnya adalah bagian dari sarana penunjang kesehatan. Namun di bidang kesehatan, narkoba dapat diklasifikasikan sebagai obat keras yang dilarang diperjualbelikan secara besar.


Di dunia kesehatan narkoba digunakan secara terukur sesuai kebutuhan dan kondisi yang dihadapi seorang pasien. "Penggunaan narkoba secara kontinyu dan tanpa disertai resep dokter itu adalah penggunaan narkoba secara ilegal yang dilarang dalam UU," ujarnya.


Seminar sehari BNBP yang diselenggarakan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kukar ini diikuti segenap pelajar SMUN 2 Tenggarong mulai dari siswa kelas I hingga III.


Menurut Penasehat GOW Kukar Hj Anna Husni Thamrin, seminar ini dalam rangka menyambut Hari Ibu yang ke-78 yang jatuh pada tanggal 22 Desember mendatang.


Ditambahkannya, pemilihan tema seminar yang menyangkut masalah narkoba karena masalah ini sangat krusial bagi eksistensi anak bangsa ini menghadapi masa depan yang penuh tantangan.


Padahal menurutnya tindakan pemerintah melalui aparat hukumnya sudah gencar dalam usaha memberantas narkoba. Sepertinya aparat hukum kita masih jauh tertinggal dari para pengedar, pembuat atau pengguna narkoba.


Oleh sebab itu melalui seminar ini melalui input dari para siswa sebagai generasi muda dapat memberikan alternatif jalan keluar untuk meredam akselerasi dan mobilitas narkoba di daerah ini. (ian)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com