Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hadi Sutanto Kunker ke Sebulu dan Muara Kaman

Bupati Kukar Hadi Sutanto (kanan) didampingi Camat Sebulu H Erlian saat memberikan pengarahan kepada aparat kecamatan Sebulu
Bupati Kukar Hadi Sutanto (kanan) didampingi Camat Sebulu H Erlian saat memberikan pengarahan kepada aparat kecamatan Sebulu
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 22/03/2005 18:15 WITA
Setelah mengunjungi beberapa kecamatan di wilayah pesisir seperti Kecamatan Anggana, Marang Kayu dan Muara Jawa, Penjabat (Pj) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs Hadi Sutanto dan rombongan Senin (21/03) kemarin mengalihkan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah pedalaman.

Ada dua kecamatan yang mendapat kunjungan kerja Bupati Kukar yakni kecamatan Sebulu dan Kecamatan Muara Kaman. Di Sebulu, Hadi Sutanto dan rombongan diterima Camat H Erlian SPd Ssos MM dan Muspika di kantor Camat Desa Sebulu Ilir. Sementara di Muara Kaman, Bupati Kukar diterima Camat Drs Asmuni dan jajaran staf.

Menurut Erlian Kecamatan Sebulu dengan luas wilayah sekitar 858 km persegi memiliki penduduk mencapai 31.332 jiwa atau 10.444 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 13 Desa dan 2 desa persiapan.


Suasana pertemuan Bupati Kukar dengan aparat kecamatan Sebulu
Photo: Joe

Sebulu menurut Erlian memiliki potensi alam berupa berbagai jenis kayu hutan dan tambang batu bara. Potensi kehutanan seperti kayu meranti dan ulin sudah diekploitasi secara moderen sejak awal tahun 70 an oleh investor asing melalui PT Kutai Timber Indonesia (KTI).

Sedang potensi batubara baru dilakukan eksploitasinya awal tahun 1990an lalu. Potensi batubara ini ada yang dilakukan secara tradisional oleh masyarakat untuk kemudian hasilnya dijual secara eceran kepada perusahaan tambang batubara yang ada di sekitar Sebulu.

Sementara itu Camat Muara Kaman Drs Asmuni kepada Hadi Sutanto mengatakan, kecamatan Muara Kaman memiliki luas sekitar 341 km persegi dengan penduduk mencapai 30 ribu jiwa lebih yang tersebar di 19 desa.

"Muara Kaman berbatasan langsung dengan Kecamatan Sebulu dan Kota Bangun di selatan, Kabupaten Kutai Timur di Utara, di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kenohan dan Kembang Janggut, sedang di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Merang Kayu.


Camat Drs Asmuni (kedua dari kanan) ketika memaparkan mengenai wilayahnya kepada Bupati Kukar dan rombongan
Photo: Joe

Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto dalam sambutannya mengakui, kunjungan kerja ke beberapa kecamatan di Kukar ini perlu dilakukan karena dirinya belum mengenal lebih mendalam wilayah yang dipimpinnya.

"Sebagai pimpinan saya harus lebih cepat mengetahui wilayah yang saya pimpin. Dengan mengenal dan memahami wilayah, akan memberikan kontribusi yang positif dalam menentukan kebijakan," ujarnya.

Dikatakan hadi Sutanto, penunjukan dirinya sebagai Pj Bupati Kukar merupakan anugerah Tuhan yang tidak pernah terbayangkan selama 30 tahun kariernya sebagai abdi negara. "Kendati hanya 6 bulan bertugas saya merasa bersyukur dan menerima jabatan ini. Yah kenang-kenangan buat anak cucu bahwa saya dulunya pernah sebagai Ndoro Kanjeng (sebutan Bupati dalam Bahasa Jawa)," ujar Hadi Sutanto berkelakar.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga meminta aparat di kecamatan Sebulu dan Muara Kaman untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada yang akan dimulai 1 Juni mendatang. Menurutnya, Pilkada sangat penting bagi kelangsungan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di daerah.

Hadi Sutanto yakin Pilkada di Kukar akan dapat berlangsung sukses karena tingginya kesadaran warga di Kukar dalam berdemokrasi seperti yang telah ditunjukkan dalam Pilpres putaran I dan II maupun beberapa Pemilihan Kepala Desa yang berlangsung di Kukar. "Saya jamin Kukar akan sukses melaksanakan Pilkada," ujar Hadi Sutanto dengan penuh optimis. (joe)


Pertemuan Bupati Kukar dengan aparat Kecamatan Muara Kaman, Senin (21/03) kemarin
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com