Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Seminar Nasional Pertambangan Bahas Masa Depan Perbatubaraan Indonesia

Bupati Kukar H Syaukani HR (tengah) saat membuka Seminar Nasional Pertambangan
Bupati Kukar H Syaukani HR (tengah) saat membuka Seminar Nasional Pertambangan
Photo: Rian

KutaiKartanegara.com - 10/12/2006 21:56 WITA
Berbagai aspek yang berkaitan dengan pertambangan batubara dibahas dalam Seminar Nasional Pertambangan bertema Masa Depan Perbatubaraan Indonesia yang berlangsung di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Sabtu (09/12) kemarin.

Kegiatan seminar sehari ini menampilkan 4 pembicara seperti Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Prof Dr H Syaukani HR MM, Ketua Indonesian Coal Mining Association (ICMA) Jefry Mulyono, Pengamat Pertambangan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof Dr Abrar Saleng SH MH, serta Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Prof Dr Irwandy Arif MSc.

Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Seminar, Akhmad Yani, banyak hal yang menyangkut potensi tambang batu bara yang belum dikenali. "Di sisi lain batubara merupakan aset untuk menarik minat investor pada aspek lain batubara sebagai alternatif sumber daya energi pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM)," ujarnya.

Seminar sehari yang digelar Pemerhati Tambang Indonesia (Pertami) bekerjasama dengan Pemkab Kukar ini dihadiri pula oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pertambangan dan Energi, Departemen Pertambangan dan Energi (Deptamben) RI Syafrizal Syaiful, Wakil Ketua DPRD Kukar Ir HM Yusuf AS, Sekkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM dan para pejabat di lingkungan Pemkab Kukar.

Sedang para peserta seminar mulai dari pelajar dan mahasiswa, pengusaha pertambangan, unsur dinas/instansi terkait, LSM, ormas serta para pemerhati pertambangan lainnya.

Bupati Kukar H Syaukani HR saat membuka kegiatan seminar mengatakan, pihaknya menyambut baik digelarnya kegiatan Seminar Nasional Pertambangan ini.

Dia berharap agar kegiatan seminar ini mampu menghasilkan solusi yang tepat agar hasil sumber daya alam (SDA) tambang memberikan dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.

Sementara Dirjen Pertambangan dan Energi Syafrizal Syaiful mengatakan, perubahan peta politik dan kebijakan pemerintah yang terjadi di Indonesia, sedikit banyak sangat berpengaruh terhadap sektor pertambangan.

"Bentuk-bentuk kebijakan pemerintah itu acap dilakukan melalui perundangan-undangan seperti UU Migas atau Pengelolaan Keuangan Daerah," katanya.

Senada dengan Syaukani, Syafrizal Syaiful juga menyatakan menyambut baik diadakan seminar ini sebagai upaya daerah untuk mencari terobosan baru dalam menyikapi kebijakan pemerintah.

"Tujuannya jelas yaitu agar tidak merugikan semua pihak terkait, baik pemerintah pusat, Pemda, investor dan pengusaha serta masyarakat," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Syafrizal Syaiful juga menyoroti masalah hak atas pemanfaatan lahan dan areal tambang yang acap menimbulkan konflik. "Ini juga merupakan masalah pelik yang perlu dicarikan solusinya. Karena masalah seperti ini juga akan menghambat masuknya investasi," demikian katanya. (ian)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com