Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kembangkan Komoditas untuk Tarik Investor, Seminar Investasi Digelar

Banyak lahan di Kabupaten Kukar yang masih potensial untuk dikembangkan investor di sektor perkebunan maupun pertanianBanyak lahan di Kabupaten Kukar yang masih potensial untuk dikembangkan investor di sektor perkebunan maupun pertanian
Photo: Agus Taviv


KutaiKartanegara.com - 05/12/2006 16:22 WITA
Derah merupakan ujung tombak dari perkembangan perekonomian di suatu negara. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika pemerintah daerah selalu memberikan kemudahan-kemudahan bagi investor untuk menanamkan modalnya di suatu daerah.


Demikian hal tersebut disampaikan Ir Lily Herawati dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Seminar Investasi di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Senin (04/12) kemarin.


Selain itu, lanjut Lily, pemerintah daerah juga mesti menjamin kepastian hukum, keamanan, kebijakan yang kondusif serta ketersediaan infrastruktur yang memadai.


Dalam seminar sehari yang digarap Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kutai Katanegara (Kukar) kemarin, Ir Lily Herawati juga banyak menekankan masalah pembangunan investasi yang berwawasan lingkungan.


Sementara pemateri lainnya dari BKPM Aga P Stompul dalam bahasannya lebih menekankan pada manfaat penyusunan potensi unggulan di daerah, yakni tersedianya informasi.


"Hal ini agar investor lebih cepat menangkap peluang investasi dan mengambil keputusan berinvestasi, sementara bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat mengindentifikasi peluang usaha," ujarnya.


Selain itu, lanjut Aga P Sitompul, diharapkan dapat menjadi gambaran tentang prospek usaha dengan pasar yang jelas dan prioritas pembangunan daerah. Serta dapat digunakan sebagai materi utama kegiatan promosi investasi.


Menurutnya, ada tiga tahap menentukan bidang usaha unggulan. Tahap pertama adalah pemilihan bidang usaha, yakni dengan beberapa langkah membuat daftar panjang, sedang dan pendek potensi komoditi daerah.


Pada tahap kedua adalah pra studi kelayakan, yakni dengan evaluasi kelayakan pasar, teknis, finansial serta evaluasi kelayakan ekonomis. Sedangkan tahap yang ketiga adalah penyusunan profil proyek.


Kegiatan seminar bertajuk Investasi Dalam Rangka Pengembangan Komoditas Andalan di Kukar tersebut dibuka Asisten III Pemkab Kukar AR Ruznie Oms dan diikuti perwakilan dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, akademisi, organisasi kepemudaan dan LSM, perusahaan PMDN dan PMA serta pengusaha lokal.


Menurut Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala BPMD Kukar H Hafidz Anwar, seminar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menarik sebanyak-banyaknya investor agar menanamkan modalnya di Kukar dengan mengembangkan komoditas andalan yang ada di Kukar. (ale)







 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com