Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Olahraga Tradisional Turut Digelar

Sekkab Kukar HM Husni Thamrin saat memecahkan gentong tanda dimulainya pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional di Tenggarong
Sekkab Kukar HM Husni Thamrin saat memecahkan gentong tanda dimulainya pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional di Tenggarong
Photo: Rian

KutaiKartanegara.com - 28/11/2006 23:56 WITA
Untuk melestarikan adat budaya yang berkembang di dalam masyarakat sekaligus memberikan hiburan alternatif bagi pelaksanaan Pekan olahraga Provinsi (Porprov) III Kaltim 2006, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pekan Olahraga Tradisional.

Festival Olahraga Tradisonal ini pembukaannya dilakukan Sekkab Drs HM Husni Thamrin MM Senin (27/11) pagi di Tenggarong ditandai dengan pemecahan gentong dari gerabah.

Menurut ketua panitia pelaksana H Ifni Djuraidi SSos, kegiatan olahraga tradisional ini berlangsung selama tiga hari dan dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga (Dikluspora) Kukar dengan Sempekat Keroan Kutai (SK2).

"Dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka untuk melestarikan potensi budaya daerah serta untuk meramaikan pelaksanaan Porprov III Kaltim di Tenggarong," kata Ifni Djuraidi yang juga Kepala Dikluspora Kukar.

Ditambahkannya, peserta pekan olahraga tradisional ini berjumlah 157 orang yang berasal dari Kukar, Bontang, Samarinda dan Kutai Timur. "Festival ini memperebutkan Piala Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kukar. Bagi juara umum berhak mendapatkan medali dan uang perhargaan sebesar Rp 20 juta, ujarnya.

Dikatakan Ifni Djuraidi, ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan ini yakni Behempas, Menyumpit dan Begasing. Untuk olahraga tradisional Behempas dibagi dalam dua kelas yaitu Behempas Bantal dan Rotan.

Sementara Bupati Kukar dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekkab HM Husni Thamrin mengharapkan agar melalui Pekan Olahraga Tradisional ini dapat lebih mempererat hubungan silaturahmi dan mampu menimbulkan rasa persatuan dan kesatuan di antara peserta.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional sangat penting dan bersifat strategis, ujar Bupati Kukar, karena dapat menimbulkan rasa kecintaan kepada tanah air dan sejarah leluhur, sehingga di era globalisasi dunia saat ini identitas sebagai anak bangsa semakin menampakkan jati dirinya.

"Dunia boleh semakin modern, tetapi nilai budaya dan tradisi tetap menjadi sumber semangat dalam membangun negeri dan daerah," demikian katanya.

Hadir dalam pembukaan ini di antaranya adalah para pejabat Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, serta para pimpinan kontingen dari empat daerah peserta.

Pembukaan ini dimeriahkan pula dengan gelar seni tari kontemporer yang dibawakan oleh seniman-seniwati Sanggar Tari Gubang, Tenggarong, pimpinan Hariyansa SE. (ian)


Salah satu adegan tari kontemporer yang turut memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga Tradisional
Photo: Rian

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com