Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Listrik Byar Pet, PLN Didemo

Pengunjukrasa melakukan pembakaran terhadap spanduk milik PLN
Pengunjukrasa melakukan pembakaran terhadap spanduk milik PLN
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 22/11/2006 22:18 WITA
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Oposisi Murni (BOM) Kutai Kartanegara (Kukar) menyerukan kepada masyarakat untuk memboikot pembayaran tagihan listrik terkait dengan sering terjadinya pemadaman aliran listrik belakangan ini.

Hal tersebut diserukan para aktivis LSM BOM dan mahasiswa Unikarta saat berunjukrasa di depan Kantor PLN Ranting Tenggarong yang terletak di Jalan KH Akhmad Muksin, Selasa (21/11) kemarin.

Menurut Koordinator LSM BOM Efri Novianto, pemboikotan pembayaran tagihan listrik ini sebagai bentuk ungkapan terhadap buruknya kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang sering memadamkan aliran listrik hampir setiap hari.

"Seringnya pemadaman listrik telah menyengsarakan masyarakat. Lihat saja, sudah berapa rumah yang terbakar selama terjadinya pemadaman aliran listrik. Belum lagi sudah berapa banyak peralatan listrik yang rusak gara-gara aliran listrik padam seketika," ujarnya.

Dalam aksinya kemarin siang, demonstran melakukan pembakaran terhadap spanduk Deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan PLN yang dipasang di pagar kantor tersebut. Dalam spanduk tersebut dinyatakan bahwa Lama Gangguan Per Pelanggan 48 Jam/Bulan, Jumlah Gangguan Per Langganan 36 Kali/Bulan, dan Kesalahan Pembacaan KWH Meter 2 Kali/Triwulan/Pelanggan.


Wakil Koordinator LSM BOM Junaidi saat menyampaikan tuntutan mereka kepada manajemen PLN Tenggarong
Photo: Yanda

Menurut Wakil Koordinator LSM BOM, Junaidi, pesan dalam spanduk tersebut bohong belaka. "Buktinya gangguan listrik lebih lama dari yang dicanangkan PLN. Ini adalah pembohongan publik," ujar Junaidi seraya menyuruh rekan-rekannya untuk melepas spanduk dan membakarnya.

Aksi unjukrasa dan bakar-bakar spanduk mahasiswa ini cukup menarik perhatian warga Tenggarong yang melintas di depan kantor PLN Tenggarong. Beberapa warga bahkan turut bergabung dalam aksi unjukrasa tersebut.

Setelah sekian lama berorasi sampai pembakaran spanduk, tidak ada satu pun pihak manajemen PLN Tenggarong yang menemui mahasiswa. Akhirnya, pengunjukrasa bergerak memasuki halaman kantor untuk melakukan sweeping mencari Kepala PLN Tenggarong.

Melihat gelagat tersebut, seorang Satpam Kantor PLN Tenggarong langsung mencegat mahasiswa untuk tidak memasuki ruang kantor. Satpam meminta pengunjukrasa untuk tetap bertahan sambil menunggu dirinya menemui pihak manajemen kantor.

Akhirnya manajemen PLN Tenggarong yang diwakili Sunardi selaku Supervisor Administrasi dan Supervisor Catatan Meter, Suryanto, keluar menemui pengunjukrasa. Dikatakan Sunardi, Kepala PLN Tenggarong Ir Budiyana sedang tidak berada di tempat karena masih ada rapat di Samarinda seputar persiapan Porprov III Kaltim 2006.

Sunardi lalu menawarkan dialog dengan Kepala PLN Tenggarong jika yang bersangkutan sudah berada di Tenggarong. Oleh pengunjukrasa, mereka meminta untuk melakukan dengar pendapat dengan Kepala PLN Tenggarong pada hari Kamis atau Jum'at lusa. Sunardi kemudian berjanji akan menghubungi pengunjukrasa jika sudah dapat dipastikan kapan Kepala PLN dapat menerima mereka untuk berdialog.l

Usai berunjukrasa di Kantor PLN, pengunjukrasa melanjutkan aksinya di gedung DPRD Kukar. Di gedung dewan, pendemo langsung diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Kukar Ir Marten Apuy bersama rekannya Mus Mulyadi.

Koordinator LSM BOM Kukar Efri Nofrianto dihadapan anggota dewan mengatakan bahwa akibat listrik produksi PLN yang selalu byar pet, masyarakat sangat dirugikan baik secara materil maupun moril.

Menurutnya, kerugian dari aspek moril akibat listrik byar pet adalah membuat masyarakat jadi panik dan stres. Sementara dari aspek materil banyak aktivitas ekonomi masyarakat yang mengandalkan pasokan listrik PLN mengalami kerugian. "Bagaimana tanggung jawab PLN terhadap kerugian yang dialami masyarakat ini?" ujarnya.

Ditambahkan Efri, dengan kondisi listrik PLN yang sering padam ini akan mengganggu kelancaran Porprov III di Kaltim. "Sebagai warga sekaligus tuan rumah Porprov III Kaltim, kami keberatan terhadap pelayanan PLN seperti ini," ujarnya.

Sementara Marten Apuy dalam pertemuannya dengan pengunjukrasa di salah satu ruangan gedung DPRD mengakui memiliki persepsi dan asumsi yang sama dalam menilai kinerja PLN akhir-akhir ini. "Sebagai wakil rakyat, kami merasakan dampak dari listrik PLN yang selalu padam ini," ujarnya.

Kepada pengunjukrasa, dia berjanji dalam waktu dekat akan melakukan dengar pendapat dengan PLN Ranting Tenggarong berkaitan dengan pasokan listrik PLN yang kurang memuaskan. Dia menjanjikan dalam pertemuan dengan jajaran PLN nanti akan menghadirkan para aktivis mahasiswa dan pihak terkait lainnya sebagai pemantau. "Tujuannya agar permasalahan listrik PLN ini duduk perkaranya menjadi jelas dan transparan," demikian ujarnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com