Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Perda RTRW Harus Segera Rampung
Untuk Hindari Tumpang Tindih Lahan di Kemudian Hari

Salah satu kawasan pertanian di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika tidak ada kejelasan peruntukan lahan, di masa-masa mendatang kawasan pertanian ini malah bisa berubah fungsi
Salah satu kawasan pertanian di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika tidak ada kejelasan peruntukan lahan, di masa-masa mendatang kawasan pertanian ini malah bisa berubah fungsi
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 12/11/2006 22:20 WITA
Selama ini banyak ditemukan lahan-lahan potensial di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami tumpang tindih dalam peruntukannya. Misalnya saja antara pertanian, perkebunan, kehutanan dengan pertambangan, bahkan dengan lahan transmigrasi.


Dikatakan Ketua Fraksi Amanah Keadilan Rakyat (AKR) Drs HM Irkham, beberapa kasus tumpang tindih lahan yang terjadi di Kukar tersebut bukanlah persoalan ringan. Bahkan kerap memunculkan permasalahan yang cukup ruwet. Karena tidak jarang juga melibatkan masyarakat setempat dalam hal tuntutan ganti rugi dan lain sebagainya.


Untuk menghindari terjadinya kasus tumpang tindih lahan di kemudian hari, lanjut Irkham, Peraturan Daerah (Perda) mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kukar harus segera diselesaikan.


Menurutnya, Panitia Khusus DPRD Kukar telah dibentuk untuk membahas Perda RTRW. Selain membahas RTRW, Pansus ini juga membahas Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar.


"Pansus DPRD secara maraton membahas Perda RTRW dan RPJMD tersebut yang diharapkan dapat segera tuntas dalam bulan November 2006 ini," ujar Irkham.


Ditambahkan Irkham, keberadaan kedua Perda itu kelak akan sangat bermanfaat dalam mengaturan lahan supaya terhindar dari tumpang tindih kepemilikan. Selain itu, lanjutnya, kedua Perda tersebut juga sangat penting guna mempercepat pembahasan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kukar tahun anggaran 2007.


Kedua perda tersebut menurut Irkham juga sama-sama penting untuk dijadikan dasar acuan pada penyusunan RAPBD 2007. Karena perda tersebut nantinya menjadi semacam petunjuk dalam pelaksanaan pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.


"Tanpa Perda RTRW dan RPJMD, dipastikan penyusunan APBD tidak memiliki dasar acuan dalam membangun daerah ini," ungkap HM Irkham.


Mengingat pentingnya percepatan penyelesaian pembahasan Perda RTRW dan RPJMD, Irkham mengingatkan agar semua anggota DPRD yang terlibat dalam pembahasan kedua perda itu bisa bekerja secara maraton agar bisa dituntaskan sesuai yang dijadwalkan.


"Saya berharap rekan-rekan yang masuk dalam Pansus RTRW dan RPJMD kompak dalam mempercepat penyelesaian pembahasan kedua perda tersebut," katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com