Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Air PDAM Sanga-Sanga Terintrusi Air Laut

Sungai Sanga-Sanga yang menjadi bahan baku air bersih PDAM telah terinstrusi air laut sejak pertengahan bulan Ramadhan lalu
Sungai Sanga-Sanga yang menjadi bahan baku air bersih PDAM telah terinstrusi air laut sejak pertengahan bulan Ramadhan lalu
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 27/10/2006 21:18 WITA
Air sungai di wilayah Kecamatan Sanga-Sanga yang biasa digunakan sebagai bahan baku air bersih sejak pertengahan bulan puasa lalu tidak dapat diminum atau tidak layak dikonsumsi.


Pasalnya, bahan baku dari sungai yang didistribusikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Cabang Sanga-Sanga itu kini terintrusi atau tercemar air laut.


Kendati demikian, pihak PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga masih terus mendistribusikan air bersih kepada pelanggannya karena dianggap masih layak untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK).


Menurut Kepala PDAM Tirta Mahakam Cabang Sanga-Sanga, Samadi, bahan baku yang biasa diambil dari sungai Sanga-Sanga itu kini sudah tercemar air laut akibat musim kemarau yang terjadi sejak dua bulan terakhir. "Sebenarnya intrusi air laut ke ke sungai ini terjadi sejak dua pekan menjelang bulan puasa lalu," ujarnya.


Dikatakan Samadi, hingga hari ini air sungai yang menjadi bahan baku PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga selama kemarau ini masih bisa ditolerir karena kadar air asinnya masih dalam ambang batas yang dimungkinkan untuk dioperasikan pihaknya.


Jika ambang batas keasinan air sungai ini meningkat, maka otomatis PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga tidak akan dioperasikan. "Masalahnya akan merusak mesin pompa penyedot air dan jaringan induk pipa distribusi yang materialnya terbuat dari pipa besi," jelasnya.


Samadi berharap jika dalam beberapa hari ini hujan turun di hulu sungai Sanga-Sanga maka kemungkinan air sungai tersebut akan kembali normal. Karena menurutnya jika air hujan masuk ke sungai tersebut proses penggelontoran secara alami ini akan mendesak atau menghambat air laut masuk ke sungai lebih jauh lagi. "Paling tidak air sungai di sekitar kota Sanga-Sanga yang menjadi intake PDAM Tirta Mahakam akan menjadi normal," katanya.


Sementara menurut salah seorang pelanggan air PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga, Hj Tati, sejak air PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga tercemar air laut pihaknya hanya menggunakan untuk MCK. Sedang untuk minum dan dikonsumsi atau mencuci beras selama ini menggunakan air dalam kemasan.


Ditambahkannya, alternatif lain untuk mengatasi kebutuhan air di Sanga-Sanga adalah mengambil dari mata air alam yang berada di komplek perumahan karyawan Medco 1010. Mata air alam ini menurutnya sudah ada sejak jaman Belanda yang berasal dari air gunung yang berada di belakang kawasan perumahan 1010 tersebut.


Menurutnya pula, mata air alam ini bisa diambil secara gratis dan tidak jauh dengan pemukiman penduduk di kota Sanga-Sanga. Hanya saja debitnya tergolong kecil sehingga butuh waktu untuk mengantri. "Jika tidak mau mengantri, kita bisa membeli dengan harga Rp 1.500 per jerigen ukuran 20 liter langsung diantar ke rumah," demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, Polsek Samboja Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai
Lomba Gerak Jalan Tingkat Pelajar/Umum Digelar Besok Senin, Ini Rutenya
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Dua Langsung Bebas di Hari Kemerdekaan, 680 Warga Binaan Lapas Tenggarong Terima Remisi
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jeda Kompetisi, Pemain Mitra Kukar Diberi Jatah Libur 9 Hari
Uji Coba Kedua, Mitra Kukar U-19 Menang 3-1 Atas Pertamina MOR VI
 
Erau 2018 Ditutup Dengan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
Balap Perahu Ketinting Makin Diminati, Ini Pemenangnya
 
Tanoto Foundation Sosialisasikan Program Pelita Pendidikan
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Kukar dan Tanoto Foundation Jalin Kerja Sama
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com