Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Air PDAM Sanga-Sanga Terintrusi Air Laut

Sungai Sanga-Sanga yang menjadi bahan baku air bersih PDAM telah terinstrusi air laut sejak pertengahan bulan Ramadhan lalu
Sungai Sanga-Sanga yang menjadi bahan baku air bersih PDAM telah terinstrusi air laut sejak pertengahan bulan Ramadhan lalu
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 27/10/2006 21:18 WITA
Air sungai di wilayah Kecamatan Sanga-Sanga yang biasa digunakan sebagai bahan baku air bersih sejak pertengahan bulan puasa lalu tidak dapat diminum atau tidak layak dikonsumsi.


Pasalnya, bahan baku dari sungai yang didistribusikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Cabang Sanga-Sanga itu kini terintrusi atau tercemar air laut.


Kendati demikian, pihak PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga masih terus mendistribusikan air bersih kepada pelanggannya karena dianggap masih layak untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK).


Menurut Kepala PDAM Tirta Mahakam Cabang Sanga-Sanga, Samadi, bahan baku yang biasa diambil dari sungai Sanga-Sanga itu kini sudah tercemar air laut akibat musim kemarau yang terjadi sejak dua bulan terakhir. "Sebenarnya intrusi air laut ke ke sungai ini terjadi sejak dua pekan menjelang bulan puasa lalu," ujarnya.


Dikatakan Samadi, hingga hari ini air sungai yang menjadi bahan baku PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga selama kemarau ini masih bisa ditolerir karena kadar air asinnya masih dalam ambang batas yang dimungkinkan untuk dioperasikan pihaknya.


Jika ambang batas keasinan air sungai ini meningkat, maka otomatis PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga tidak akan dioperasikan. "Masalahnya akan merusak mesin pompa penyedot air dan jaringan induk pipa distribusi yang materialnya terbuat dari pipa besi," jelasnya.


Samadi berharap jika dalam beberapa hari ini hujan turun di hulu sungai Sanga-Sanga maka kemungkinan air sungai tersebut akan kembali normal. Karena menurutnya jika air hujan masuk ke sungai tersebut proses penggelontoran secara alami ini akan mendesak atau menghambat air laut masuk ke sungai lebih jauh lagi. "Paling tidak air sungai di sekitar kota Sanga-Sanga yang menjadi intake PDAM Tirta Mahakam akan menjadi normal," katanya.


Sementara menurut salah seorang pelanggan air PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga, Hj Tati, sejak air PDAM Tirta Mahakam Sanga-Sanga tercemar air laut pihaknya hanya menggunakan untuk MCK. Sedang untuk minum dan dikonsumsi atau mencuci beras selama ini menggunakan air dalam kemasan.


Ditambahkannya, alternatif lain untuk mengatasi kebutuhan air di Sanga-Sanga adalah mengambil dari mata air alam yang berada di komplek perumahan karyawan Medco 1010. Mata air alam ini menurutnya sudah ada sejak jaman Belanda yang berasal dari air gunung yang berada di belakang kawasan perumahan 1010 tersebut.


Menurutnya pula, mata air alam ini bisa diambil secara gratis dan tidak jauh dengan pemukiman penduduk di kota Sanga-Sanga. Hanya saja debitnya tergolong kecil sehingga butuh waktu untuk mengantri. "Jika tidak mau mengantri, kita bisa membeli dengan harga Rp 1.500 per jerigen ukuran 20 liter langsung diantar ke rumah," demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com