Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Perayaan Idul Fitri 1427 H Berlangsung Khidmat
Bupati Kukar Ajak Kaum Muslimin Menjadi Umat Terbaik

Ketua MUI Kukar KH Abdul Wahab Syahranie saat memimpin sholat Ied di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, tadi pagiKetua MUI Kukar KH Abdul Wahab Syahranie saat memimpin sholat Ied di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, tadi pagi
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 24/10/2006 17:38 WITA
Umat Muslim Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini dengan penuh khidmat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1427 H. Di ibu kota Kabupaten Kukar, Tenggarong, ribuan jamaah berbondong-bondong mendatangi masjid-masjid maupun lapangan terdekat untuk bersama-sama melaksanakan Sholat Ied.

Rintik-rintik gerimis sempat membasahi Kota Raja Tenggarong ketika fajar mulai menyingsing. Namun jelang pelaksanaan Sholat Ied, langit menjadi cerah seiring dengan mulai meningginya mentari dengan memancarkan sinarnya yang hangat.

Jamaah sholat Ied di Masjid Agung Sultan Sulaiman dan Masjid Jami Hasanuddin yang letaknya berdekatan terus didatangi kaum Muslimin kota Tenggarong. Akhirnya jamaah pun meluber hingga ke halaman maupun jalan raya karena keterbatasan kapasitas kedua masjid tersebut.

Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dan keluarga beserta para pejabat Muspida Kukar lainnya melakukan sholat Ied di Masjid Agung Sultan Sulaiman. Tampil sebagai imam pada sholat Ied di Masjid Agung adalah Ketua MUI Kukar KH Abdul Wahab Syahranie. Sementara sebagai khotib yakni dr H Abdul Rahman yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kukar.


Jamaah sholat Ied yang berada di dalam Masjid Jami' Hasanuddin, Tenggarong
Photo: Agri

Bupati Kukar dalam sambutan Idul Fitrinya mengajak umat Muslim untuk menjadikan momentum Idul Fitri untuk mengevaluasi dan menata kembali posisi umat Islam. "Sehingga klaim kita sebagai umat terbaik, tidak hanya sekedar slogan, tetapi betul-betul terwujud dalam realitas kehidupan sebagaimana pernah ditampilkan oleh pendahulu-pendahulu kita, para sahabat dan tabi'in," ujarnya.

Selian itu, Bupati Kukar juga mengajak kaum Muslimin, khususnya masyarakat Kukar, untuk menjadikan Idul Fitri 1427 H sebagai momentum merefleksikan ajaran Islam sebagai rahmat bagi sekalian alam menuju baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.

"Dengan semangat Idul Fitri 1427 H, mari lah kita bersama-sama terlibat dalam menyukseskan program Gerbang Dayaku Tahap II. Program yang merupakan komitmen masyarakat kukar ini, bertujuan untuk mencapai masyarakat Kukar yang berkualitas, maju dan sejahtera," kata Bupati H Syaukani HR.

Sukses tidaknya program Gerbang Dayaku, lanjut Bupati Kukar, tergantung seberapa besar keterlibatan masyarakat di dalamnya. Pemerintah hanya memfasilitasi saja, yaitu memberikan atau menyediakan fasilitas dan pengarahan saja. Masyarakat sendiri lah yang harus memberdayakan dirinya sendiri," demikian amanat Idul Fitri yang disampaikan Bupati Kukar.

Amanat tertulis Bupati Kukar juga disampaikan para pejabat teras Pemkab Kukar di hadapan jamaah Sholat Ied di beberapa masjid dan lapangan di wilayah Tenggarong. Seperti Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM yang hadir di Masjid KH Muhammad Sadjid, Sekkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM di Masjid Al-Ansor, Kelurahan Timbau, serta Asisten I H Adji Ridwan Sya`ranie yang hadir mewakili Bupati H Syaukani HR di Masjid Jami Hasanuddin.

Takbir Keliling Sambut Idul Fitri
Sementara itu tadi malam, Bupati Kukar H Syaukani HR bersama pajabat Muspida Kukar melepas pawai takbir keliling kota Tenggarong yang diikuti ratusan kendaraan roda empat milik masyarakat maupun lembaga dan organisasi yang ada di Kukar.

Setelah itu, H Syaukani HR juga berkesempatan membuka Lomba Gema Takbir yang digelar Polres Kukar yang ditandai dengan pemukulan bedug. Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres Kukar ini diikuti 25 peserta dari Tenggarong dan kecamatan sekitarnya, bahkan dari Samarinda. (win)


Bupati H Syaukani HR dengan ceria mengangkat bendera Start tanda dimulainya pawai takbir keliling Tenggarong tadi malam dalam rangka menyambut 1 Syawal 1427 H
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com