KutaiKartanegara.com

Find:  

Lambang Kabupaten Kutai Kartanegara Kabupaten Kutai Kartanegara

Menu
  Pengertian, Visi & Misi
  Tujuan & Sasaran
  Modal Dasar
  Peranan Strategis
  Potensi Daerah
  Implementasi
Arsip Berita

120X90

Alibris

MedioCom; Your one stop shop for content

 

TUJUAN & SASARAN GERBANG DAYAKU

Tujuan Gerbang Dayaku

Tujuan Umum
Membangun kehidupan masyarakat Daerah Kab. Kutai berdasarkan prinsip-prinsip pelaksanaan otonomi luas, nyata dan bertanggung jawab, baik bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan maupun yang tinggal di pedesaan.

Tujuan Khusus

1.

Menghimpun dan memberdayakan berbagai komponen yang ada (pemerintah, masyarakat, swasta dan SDA yang beragam) untuk dijadikan kekuatan penggerak bagi pembanguan di Daerah Kab. Kutai. Gerakan ini disesuaikan dengan irama tata aturan yang tertuang dalam UU No.22/1999 tentang Otonomi Daerah dan UU No.25/1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.

2.

Mengubah orientasi pembangunan yang selama ini bersifat "pelayanan" yang cenderung menganggap rakyat sebagai beban pembangunan menjadi "pemberdayaan" yang cenderung menganggap rakyat sebagai kekuatan pembangunan. Paradigma ini diharap akan dapat merangsang partisipasi masyarakat untuk membangun, baik dalam rangka membangun diri sendiri maupun untuk lingkungannya.

3.

Membantu kelompok masyarakat yang selama ini tidak berdaya dan tertinggal untuk membantu dirinya sendiri (empowering). Dalam hal ini pemerintah hanya berfungsi sebagai mediator dan fasilitator yang memberikan sarana pancingan agar orang-orang yang selama ini hidup kurang beruntung dapat leluasa memancing harapan hidup sesuai dengan apa yang dicita-citakan.

4.

Menciptakan sebuah model pendekatan pembangunan yang dapat diandalkan khususnya dalam bidang pembangunan yang berbasis pada pemberdayaan/kemandirian. Diharap model pendekatan ini bisa terus dikembangkan secara metodologis dan empiris, yakni dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Bahkan bukan mustahil jika model pendekatan Gerbang Dayaku yang bersifat inklusif ini kelak bisa diabsahkan menjadi disiplin ilmu pengetahuan yang bersifat universal. Dalam arti bisa diterapkan di berbagai daerah yang memiliki kondisi sejenis dengan Daerah Kab. Kutai.

5.

Menginventarisir dan mengelola SDA yang dimiliki Kab. Kutai untuk dikelolal secara mandiri. Orientasi pengelolaan itu diperuntukkan bagi kemakmuran seluruh masyarakat di daerah tersebut.

 

Sasaran Gerbang Dayaku

Gerbang Dayaku memiliki 3 sasaran pokok, yakni "Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Perkotaan", "Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Pedesaan" dan "Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Kualitas Sumber Daya Manusia". Masing-masing wilayah pengembangan memiliki gerakan unggulan bagi wilayah bersangkutan. Hal ini disesuaikan dengan aspirasi, potensi dan sumberdaya setempat.

Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Perkotaan
Sasaran Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Perkotaan dititikberatkan pada industrialisasi, pariwisata, jasa, moneter/perbankan, properti/perkantoran, perhotelan dan perumahan, sehingga dapat menciptakan akses bagi tumbuhnya sentra-sentra industri kecil baru dan menyediakan lapangan kerja di wilayah perkotaan. Disamping itu sasaran gerakan ini juga bisa memberikan umpan balik bagi pengembangan pemberdayaan di pedesaan, terutama bidang-bidang yang berbasis pada agro-industri, perikanan, peternakan, pertambangan dan penanaman modal/kemitraan.

Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Pedesaan
Sasaran Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Wilayah Pedesaan dititikberatkan pada agrobisnis, perikanan, peternakan, kehutanan, wisata alam dan berbagai macam pertambangan. Diharapkan sasaran pengembangan ini akan dapat merubah kultur masyarakat dari pengumpul hasil alam menjadi pembudidaya, sehingga akan menciptakan lapangan kerja baru di sektor informal dan menekan sekecil mungkin arus urbanisasi yang akan menambah beban sosial ekonomi wilayah perkotaan. Disamping itu sasaran gerakan ini juga bisa memberikan umpan balik bagi pengembangan pemberdayaan di perkotaan, terutama dalam hal penyediaan bahan baku industrialisasi yang berkaitan dengan agroindustri dan pengolahan hasil hutan, hasil tambang dan lain-lain.

Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Kualitas SDM
Sasaran Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Kualitas SDM dititikberatkan pada pengembangan pendidikan dasar dan menengah, pengembangan pendidikan tinggi dan pengembangan ketrampilan dan keahlian.

 

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

polling.gif (2852 bytes)

Kutai Kartanegara rencananya akan membangun sebuah bandara yang terletak antara kota Tenggarong dan Samarinda. Setujukah anda jika bandara tersebut dibangun?
Setuju!
Tidak Setuju!
Tidak Tahu...

Lihat Hasil

 

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Copyright 2001 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.