KutaiKartanegara.com

Find:  

Logo Erau Festival Erau Kutai Kartanegara

M e n u
  Asal Mula Erau
  Pelaksanaan Erau
  Mata Acara Pokok
  Mata Acara Penunjang
  Agenda Erau
  Peta Lokasi Erau
  Rekaman Erau
  T i p s
  Komentar Erau

MedioCom; Your one stop shop for content

Liputan Erau 2002 Kutai Kartanegara

Erau 2002 dan Festival Keraton Nusantara Dibuka

Menyalakan brong (Photo: Salehuddin)

KutaiKartanegara.com (22/09/02)
Meriah. Begitulah upacara pembukaan Erau 2002 dan Festival Keraton Nusantara III yang digelar kemarin sore di Stadion Rondong Demang, Tenggarong. Ribuan undangan dan penonton mulai memadati kawasan stadion sejak pukul 13.00 WITA. Diawali dengan upacara tempong tawar kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, I Gde Ardhika acara kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan musik kolaborasi etnis nusantara yang memadukan musik tradisional Kutai dan Dayak dengan diiringi lagu-lagu daerah di Indonesia. Sajian musik kolaborasi ini mendapat sambutan hangat dari peserta FKN III dari berbagai daerah. Begitu lagu daerah Bugis dilantunkan, tak pelak ratusan undangan yang berasal dari kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan memberikan applause dan turut menyanyi serta menari. Setelah sajian musik kolaborasi berakhir, upacara pembukaan pun dimulai yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum Erau dan FKN III, Drs. H. Eddy Subandi MM, Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR MM, Gubernur Kalimantan Timur H. Suwarna AF, serta Menteri Pariwisata Seni dan Budaya RI, I Gde Ardhika yang sekaligus membuka secara resmi Erau 2002 dan Festival Keraton Nusantara III. Kemudian Menteri menyalakan brong/obor bersama Gubernur Kaltim, Bupati Kutai Kartanegara, Ketua DPRD Kutai Kartanegara, Putera Mahkota Kesultanan Kutai, dan Ketua Umum Erau dan FKN III. Setelah pembacaan do'a, acara ditutup dengan sajian tari massal "Mustika Kumala" yang melibatkan sekitar 1500 penari. Ribuan undangan yang hadir tampak terpesona dengan sajian tari massal persembahan seniman-seniwati LPKK ini. (win)

Masyarakat Tenggarong Antusias Menyaksikan Gladi Bersih Pembukaan Erau 2002 - FKN III
Gladi Bersih Tari Massal
Salah satu cuplikan gladi bersih tari massal
(Photo: Agri, 2002)

KutaiKartanegara.com (20/09/02)
Warga 'Kota Raja' Tenggarong begitu antusias menyaksikan latihan akhir atau gladi bersih upacara pembukaan Erau 2002 dan Festival Keraton Nusantara III yang digelar di Stadion Rondong Demang sore kemarin (19/09). Acara gladi bersih yang dimulai pada pukul 14.00 WITA tersebut menampilkan sajian musik kolaborasi etnis, konfigurasi dan sajian tari massal "Mustika Kumala" garapan LPKK Tenggarong yang sangat dinanti-nantikan para penonton. Gladi bersih tari massal yang melibatkan sekitar 1500 penari ini juga disaksikan oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, MM yang tiba di Stadion setelah melakukan peninjauan persiapan beberapa fasilitas di kota Tenggarong menjelang Erau 2002 dan FKN III. (win)

Upacara Adat Menjamu Benua Telah Dilangsungkan Hari Ini
Upacara adat Menjamu Benua yang dilaksanakan siang tadi
Tukang Belian memberikan sesaji pada upacara adat Menjamu Benua
(Photo: Jimmy, 2002)

KutaiKartanegara.com (17/09/02)
Upacara adat Menjamu Benua sebagai upacara adat yang biasa dilakukan menjelang Erau telah dlangsungkan dari siang hingga sore tadi. Upacara adat ini dimaksudkan sebagai permohonan kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan keselamatan dalam pelaksanaan pesta rakyat (Erau) yang akan digelar beberapa hari lagi. Ada tiga tempat yang menjadi tempat pelaksanaan upacara adat ini di kota Tenggarong, pertama dilakukan di Kepala Benua (Kampung Mangkurawang), Tengah Benua (Kampung Panji) dan Buntut Benua (Kampong Timbau). Menjamu Benua dilaksanakan oleh petugas adat yang terdiri dari Tukang Belian, Dewa serta Pangkon dengan memberikan sesaji di tiga tempat tersebut. (win)

Upacara Adat Beluluh Awali Prosesi Erau 2002

Sultan H.A.M. Salehuddin II
(Photo: Wawan, 2002)

KutaiKartanegara.com (17/09/02)
Beberapa rangkaian kegiatan upacara adat menjelang pembukaan Erau 2002 akan digelar dalam beberapa hari ini, kegiatan pertama telah dimulai pada hari Senin pagi (16/09/02) dengan pelaksanaan upacara adat 'Beluluh' di rumah kediaman Sultan H. Aji Muhammad Salehuddin II. Upacara adat Beluluh merupakan ritual dalam keraton Kutai Kartanegara selama pelaksanaan Erau, upacara ini dimaksudkan untuk mendapatkan keselamatan bagi Sultan dalam menjalani tahta kerajaan. Pada upacara adat ini, Sultan didudukkan diatas sebuah balai yang terbuat dari bambu kuning dan kemudian diberi tempong tawar oleh seorang Pawang yang biasa disebut dengan Dewa. Sementara itu, upacara adat beluluh untuk Bupati Kutai Kartanegara akan dilangsungkan pada hari Kamis mendatang di Pendopo Odah Etam. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Polling
Mata acara favorit anda dalam setiap pelaksanaan Festival Erau:
Pembukaan Erau
Adat Keraton
Adat Pedalaman
Kesenian Tradisional
Olahraga Tradisional
Hiburan Band/Artis
Belimbur
Semua Menarik!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Copyright 2001 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.