KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Gubernur Minta Perhatikan Nasib Pejuang

Gubernur Suwarna AF ketika memimpin upacara peringatan Peristiwa Merah Putih
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 28/01/03
Puncak peringatan peristiwa perebutan kota Sanga-Sanga 56 tahun lalu digelar dalam sebuah upacara parade yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltim H Suwarna AF kemarin (27/01) di Sanga-Sanga. Hadir pada acara ini Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, Muspida Kaltim dan Kukar serta tokoh veteran dan angkatan 45 se-Kaltim.

Gubernur Kaltim H Suwarna AF dalam sambutannya mengharapkan Bupati dan Walikota se-Kaltim untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap anggota veteran dan pejuang angkatan 45 yang kini jumlahnya tidak seberapa lagi.

"Keberadaan kita saat ini tidak dapat dipungkiri adalah berkat pengorbanan jiwa dan harta para pahlawan pejuang, dimana diantara mereka terdapat para pejuang Merah Putih di Sanga-Sanga ini." kata Suwarna dihadapan para veteran dan pejuang angkatan 45 dalam acara ramah tamah seusai upacara parade.


Para veteran yang hadir dalam upacara peringatan kemarin
Photo: Yanda

"Untuk itu saya minta agar Bupati/Walikota se Kaltim mulai saat ini mulai merencanakan perbaikan dan kesejahteraan hidup para veteran pejuangan di daerah masing-masing." tambah Suwarna.

Suwarna menengarai banyak diantara veteran di Kaltim kini yang kehidupannya sangat memprihatinkan. "Diantara mereka ada yang saat ini menumpang di tempat keluarga bahkan ada veteran yang hidup sebatangkara yang sehari-harinya selalu mengharapkan belas kasihan dari orang sekitarnya."

"Oleh sebab itu saya dalam waktu dekat bersama Pemda Kukar, akan merencanakan membangun rumah bagi para veteran pejuang ini khususnya yang ada di Sanga-Sanga. Insya Allah rencana ini segera dapat direalisasikan dalam waktu dekat". kata Suwarna yang disambut meriah para veteran dan pejuang serta keluarganya kemarin.


Seorang istri pejuang Sanga-Sanga tampak sedang menaburkan bunga di makam suaminya
Photo: Joe

Selain upacara parade sebagai puncak kegiatan peringatan Merah Putih di Sanga-Sanga, kegiatan lainnya adalah pameran pembangunan, festival band, kegiatan olahraga dan napak tilas perjalanan pejuang Merah Putih dari Sanga-Sanga Muara menuju kota Sanga-Sanga sepanjang 10 kilometer yang dilepas oleh Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar Minggu (26/01) lalu.

Sementara Minggu tengah malam sebelumnya, telah dilaksanakan upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan "Wadah Batuah" yang dipimpin Dandim 0906 Kutai, Letkol Sudrajat Purbiantoro. Kemudian di tempat yang sama juga dilakukan upacara ziarah yang dipimpin Wakapolda Kaltim Brigjen Polisi Drs M Tosin setelah dilaksanakannya upacara parade. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.