KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kerobok Maulid Berlangsung Sederhana

Usungan makanan yang dibawa para abdi istana menuju Masjid Jami' Hasanuddin

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 22/05/03
Puncak peringatan Maulid (Hari Kelahiran) Nabi Muhammad SAW 1424 H berlangsung tadi pagi di Masjid Jami' Hasanuddin Tenggarong ditandai dengan pelaksanaan acara Kerobok Maulid yang digelar Panitia Hari Besar Islam Tenggarong bekerjasama dengan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Acara Kerobok Maulid yang baru diselenggarakan ini berlangsung sederhana, diawali dengan prosesi kirab prajurit dan abdi keraton Kutai Kartanegara yang membawa usung-usungan berupa kue-kue dan makanan kecil lainnya dari Kedaton mengelilingi kawasan istana menuju Masjid Jami' Hasanuddin.

Setiba di Masjid Jami' Hasanuddin, makanan yang diusung dibawa kedalam Masjid disambut pembacaan Shalawat dan Barjanji.  Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, Sultan Kutai Kartanegara H Adji Mohd Salehoeddin II, unsur Muspikab Kukar, para kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, pelajar dan masyarakat kota Tenggarong.

Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dalam sambutannya mengatakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW saat ini haruslah memicu kita untuk kembali kepada ajaran agama dan akan lebih bermakna jika kembali menyegarkan ingatan pengetahuan kita kepada sejarah kejayaan Islam.

"Kejayaan Islam pada zaman Rasulullah diawali dengan keteladanan moralitas dan lebih banyak dan dititikberatkan pada pembentukan ahlakul karimah yang berlaku secara personal dan sosial. Hal ini merupakan modal dasar bagi umat Islam untuk melakukan pembangunan dan perubahan," kata Syaukani.

Menurut Syaukani, akan lebih indah dan bermakna jika program Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara yakni Gerbang Dayaku yang saat ini sedang berjalan dilandasi oleh spirit Islam yang akhlakul karimah. Dengan demikian pembangunan dilaksanakan di Kukar akan lebih memiliki bobot spiritualnya.

Program Gerbang Dayaku yang bertujuan menciptakan masyarakat madani yang berkeadilan dan demokratis, dalam perencanaan, pelaksanaan dan kontrolnya telah didesain untuk sejalan dengan moralitas dan etika Islam. 

Dalam kesempatan tersebut Syaukani mengharapkan agar masyarakat Kukar dapat menjaga persatuan dan kesatuan, menyamakan visi dan persepsi untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi lebih baik, lebih makmur dan sejahtera rakyatnya dan semakin meningkat kualitas SDMnya.

"Sudah saatnya bagi kita menjadikan momentum ini untuk semakin meningkatkan kualitas SDM kita yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat di sekitar kita. Bagaimanapun hebatnya suatu program tanpa didukung oleh kualitas SDM yang memadai maka yang terjadi adalah kegagalan bahkan kehancuran program itu sendiri," kata Syaukani.

Acara di Masjid Jami' Hasanuddin ini juga diisi dengan ceramah agama oleh Drs H Nuktah Arfawi Kurdi SH MH dari Samarinda serta pembagian hadiah kepada para pemenang Pawai Festival Muharram 1424 H yang berlangsung pada tanggal 11 Maret 2003 yang lalu. Terbaik pertama untuk kategori Pawai diraih oleh Pondok Pesantren KP Ribhatul Khair, kedua SMKN I Tenggarong dan ketiga MTSN Tenggarong.

Untuk kategori Mobil Hias, Juara pertama diraih oleh Dinas Perkebunan Kukar, juara kedua IRMA Darul Muttaqin dan juara ketiga jatuh kepada Kantor Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kukar. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!