KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kesenian Kukar Pukau Undangan HUT RI di Jakarta

Tari Kancet Lasan Po Buruy yang diilhami dari tarian Suku Dayak Kenyah mampu memikat para undangan peringatan HUT RI ke-58 di Istana Negara Jakarta

Photo: Joe


Tari Jepen Eroh yang yang tampil di Anjungan halaman Istana Negara Jakarta

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 17/08/03 20:52 WITA
Gelar kesenian Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di anjungan halaman Istana Kepresidenan RI Jakarta guna memeriahkan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-58 tadi pagi berlangsung sukses.

Gelar seni Kukar ini mampu memukau para undangan yang menghadiri upacara kenegaraan di Istana Negara tersebut seperti pejabat tinggi Negara dan pejabat perwakilan dari negara-negara sahabat termasuk dari para wartawan media cetak dan elektronik nasional.

Ketua Rombongan tim kesenian Kukar Ir HE Koesmartono MBA didampingi koordinator Kesenian Misra Budiarto AX SSos mengatakan suksesnya pagelaran seni Kukar dalam memberikan hiburan bagi para undangan usai mengikuti upacara bendera di Istana Negara ini berkat penampilan yang prima oleh para seniman Kukar yang kompak. Serta didukung materi sajian yang ditampilkan di anjungan memang sangat khas dan unik untuk dinikmati para tamu negara.

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator seksi Kesenian Istana Negara A Tohir. "Kami merasa puas dengan penampilan seni asal Kabupaten Kukar Kaltim. Kami berharap untuk peringatan HUT RI ke-59 tahun 2004 mendatang tim seni Kukar bisa tampil kembali di tempat ini dengan nuansa dan materi yang beda.


Peragaan pembuatan kain tenun tradisonal Dayak Benuaq Ulap Doyo mampu menarik perhatian para undangan
Photo: Joe

Turut menyaksikan dalam gelar seni Kukar di anjungan halaman Istana Negara Jakarta para pejabat teras Kukar seperti Sekretaris Kabupaten Drs H Eddy Subandi MM, Kepala Dinas Pariwisata, Drs H Aji Surya Dharma MM, Kepala Dinas Pendidikan Drs HM Idrus SY MSi, Staf Ahli Bupati bidang Telekomunikasi dan Hubungan Luar Negeri Judith J Navarro Dipodiputro, Staf Ahli Bid Sosial Politik Prof Dr Arifin Leo.

Namun disayangkan tidak seorang pun pejabat dari Provinsi Kaltim maupun pejabat kantor perwakilannya di Jakarta yang hadir menyaksikan gelar seni Kukar ini.

Tim kesenian Kukar yang berjumlah 50 orang terdiri penari, pemusik dan pengrajin ulap doyo ini hadir di Istana Negara atas undangan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata serta Panitia Pusat Peringatan HUT RI ke-58.

Selain tim dari Kukar juga turut menghibur tim kesenian dari Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Tim dari Kukar membawakan 4 tarian tradisional seperti tari Kancet Lasan Po Buruy, tari Jepen Eroh, Tari Mempang Bekawat dan Tari Ganjar Ganjur serta lagu-lagu tingkilan yang dibawakan oleh seniman-seniwati asuhan Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Tenggarong. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.