KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kuota Haji Dikurangi, 251 Calhaj Kukar Batal Berangkat

Kebijakan pemerintah Arab Saudi yang mengurangi kuota haji tahun 2004 berdampak pada batalnya keberangkatan calhaj dari 17 negara termasuk Indonesia

KutaiKartanegara.com 17/12/03 20:35 WITA
Sebanyak 251 calon haji (calhaj) asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) batal diberangkatkan ke tanah suci pada musim haji tahun 2004 mendatang, 53 orang diantaranya adalah calhaj yang dibiayai oleh Pemkab Kukar. Hal tersebut terungkap dalam rapat mendadak yang dipimpin Sekretaris Kabupaten Kukar Drs H Eddy Subandi MM tadi siang di ruang kerjanya.

Seperti yang diberitakan harian Tribun Kaltim hari ini, sebanyak 29.974 calhaj Indonesia dari batal diberangkatkan ke tanah suci. Dari jumlah tersebut, 2.693 jamaah calhaj asal provinsi Kalimantan Timur praktis terkena imbasnya, termasuk didalamnya 251 orang dari Kukar.

Menurut Eddy Subandi, pembatalan ini bukan kehendak Pemkab Kukar, namun merupakan tindak lanjut dan akibat dari keputusan sepihak pemerintah Arab Saudi yang menolak kuota haji tambahan yang telah disepakati pada musim haji tahun 2004 mendatang.

Dikatakan Eddy Subandi, 53 orang calon haji atas biaya Pemkab Kukar yang gagal berangkat kali ini akan diutamakan atau menjadi prioritas pada musim haji tahun 2005 mendatang. Sementara 198 calhaj terdaftar lainnya yang batal berangkat atas biaya sendiri dapat menarik uang yang telah disetorkannya tanpa dikenakan potongan.

Eddy Subandi berharap kepada para calhaj Kukar yang batal berangkat tahun 2004 ini dapat menerima dengan sabar dan tawakal. "Pemkab Kukar merasa prihatin atas kejadian dan penundaan ini, hendaknya hal ini dapat dijadikan hikmah bagi kita semua," kata Eddy Subandi.

Dengan berkurangnya 251 calhaj tersebut, maka jumlah calhaj asal Kukar yang semula berjumlah 874 orang kini menjadi 623 orang saja yang positif diberangkatkan, termasuk didalamnya adalah 36 orang calhaj yang dibiayai Pemkab Kukar. Mereka terdiri dari 10 petugas haji serta 26 pegawai Pemkab Kukar dan masyarakat. (joe/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.