KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Polres Kutai Bentuk Unit Air

KutaiKartanegara.com 13/05/03
Melihat tanggung jawabnya yang juga meliputi wilayah perairan sungai Mahakam bahkan hingga ke Selat Makassar yang panjangnya mencapai 936 km lebih, Polres Kutai membentuk sebuah unit baru yang mandiri, yakni Unit Air. Upacara peresmian unit baru tersebut diselenggarakan kemarin pagi bertempat di Dermaga Museum Mulawarman Tenggarong.

"Pembentukan Unit Air di Polres Kutai ini ditetapkan oleh Keputusan Kapolda Kaltim. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kualitas pengamanan transportasi yang menggunakan sarana perairan. Karena beberapa kali telah terjadi kejahatan, berupa perompakan di perairan Kutai ini," jelas Kapolres Kutai AKBP Drs Arief Wicaksono, dalam sambutan di upacara peresmian Unit Air yang dijabat Ipda Sugito, selaku kepala unit (Kanit)-nya.

Di sisi lainnya, pembentukan unit baru tersebut juga untuk mendukung program Gerbang Dayaku Pemkab Kukar. Dengan salah satu misinya, yakni meningkatkan kualitas taraf hidup warga Kukar. Terutama di bidang keamanan transportasi perairannya. Mengingat sebagian besar warga Kukar dan Kubar dominan berada di jalur perairan.

"Upacara hari ini, dimaksudkan untuk mengecek kesiapan Unit Air Polres Kutai yang masih berupa embrio. Artinya ke depan nanti, unit mandiri ini akan terus dikembangkan lagi, " ujar Kapolres kepada Samarinda Pos, seusai digelarnya upacara peresmian kemarin.

Dalam operasionalnya di lapangan, unit ini mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk pembinaan anggotanya. Juga mengkoordinir anggota Pol Air yang berada di Polsek-Polsek Polres Kutai, yang memiliki wilayah perairan. Terbentang mulai Polsek Anggana sampai ke Polsek Long Apari yang berada di Pedalaman Mahakam.

Sejauh ini, alat apung milik Polres Kutai dan Polsek di jajarannya yang masih terus digunakan adalah 1 speedboat dengan mesin 200 PK yang ada di Polres. Kemudian 1 speedboat bermesin 85 PK di Polsek Anggana, 1 speedboat bermesin 85 PK di Polsek Muara Kaman, 1 speedboat bermesin 40 PK di Polsek Muara Pahu, 1 speedboat 40 PK di Polsek Teluk Dalam dan 1 speedboat 85 PK di Polsek Long Hubung serta 1 speedboat 85 PK di Polsek Long Iram. Selain itu terdapat 2 perahu ketinting dengan mesin 10 PK masing-masing di Polsek Long Apari dan Polsek Long Pahangai. (idn)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.