KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Tiga Organisasi Gelar LDK di Muara Badak

Para peserta LDK dan Pesantren Kilat se Muara Badak yang dengan seksama memperhatikan pemaparan materi
Photo: VICO Indonesia / Eko Sudiro

KutaiKartanegara.com 12/11/03 16:34 WITA
Menyadari peranan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa mendatang, Karang Taruna Indonesia (KTI) Karya Pelangi Muara Badak Ilir bekerjasama dengan Gugus Depan Pramuka HM Ardans SH dan BPC KKM (Kerukunan Keluarga Mandar) menggelar Pesantren Kilat dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) bagi generasi muda se kecamatan Muara Badak.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari sejak Kamis (06/11) dan berakhir Senin (10/11) lalu diikuti sebanyak 35 peserta dari Gudep HM Ardans, KKM dan anggota KTI Karya Pelangi sendiri bertempat di Gedung SD 016 Badak I, Desa Muara Badak Ilir.

Menurut Ketua Panitia Nasruddin, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari program kerja dari tiga organisasi yang masing-masing memiliki program pengkaderan.

"Bulan Puasa ini dijadikan momentum diadakannya pesantren Kilat dan sekaligus LDK untuk tingkat SLTA. Tujuannya untuk membangun komunikasi yang beretika Islami, membangun moralitas, kepribadian dan meningkatkan pemahaman aqidah dan keislaman serta untuk pembentukan jiwa pemimpin penuh percaya diri yang bermoral Islam dan Pancasilais," ujar Nasruddin.


Suasana LDK dan Pesantren Kilat yang berlangsung selama 5 hari di SDN 016 Badak I, Desa Muara Badak Ilir
Photo: VICO Indonesia / Eko Sudiro

Selain itu, tambah Nasruddin, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM generasi di Muara Badak agar menjadi pemuda yang tangguh dan mandiri yang selaras dengan program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku).

Sementara itu, Subhan Asykari selaku Sekretaris Panitia mengatakan, materi yang disampaikan dalam pelaksanaan LDK tersebut yaitu kepemimpinan, metode penyelesaian masalah, dasar-dasar agama, Fiqh, Tajwid, Keprotokolan (MC) dan methode diskusi.

Sedangkan para instruktur dalam LDK ini adalah Drs Khaidir, Drs Abd Kadir, Ibrahim Kamil, Drs Nurdin dan Rahmat S Ag dari KKM, selain itu Naim S Ag dari Tenggarong. Sementara dari VICO Indonesia selain membantu sejumlah dana juga mengirimkan instruktur yang membawakan materi mengenai lingkungan hidup.

"Kegiatan ini sebenarnya khusus diperuntukkan bagi remaja muslim karena pelaksanaan LDK dirangkai dengan pesantren kilat, namun ada juga 3 orang peserta dari kalangan non muslim," kata Subhan Asykari yang juga Ketua KTI Karya Pelangi ini.

Dalam kegiatan ini, Titi Mayang Sari terpilih sebagai peserta terbaik pertama. Saat diminta komentarnya, dara manis yang masih duduk di bangku kelas 3 SMU Negeri 1 Muara Badak ini mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan, mengingat metode dan cara penyampaian yang mudah dimengerti. Titi juga mengaku bahwa baru pertama kali ini mengikuti ajang LDK, sementara kegiatan Pesantren Kilat sudah pernah ia ikuti di sekolah. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.