KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Libatkan 34 Petugas Operasional Haji

Para calon jamaah haji Kukar saat mengikuti arahan instruktur dalam praktek simulasi ibadah tawaf di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 10/12/03 20:29 WITA
Pada musim Haji Tahun 2004 atau 1424 Hijrah mendatang, Penyelenggara Urusan Haji Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menetapkan sedikitnya 34 orang petugas operasional.

Para petugas operasional tersebut nantinya akan mendampingi kontingen jamaah haji Indonesia asal Kukar yang berjumlah 873 orang ini mulai dari pemberangkatan, di tanah suci hingga kembali di tanah air. Demikian ungkap Kepala Staf Urusan Haji Kukar, Drs H Bachtiar Syam saat menutupan Manasik Haji Massal II di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong tadi siang.

Menurut Drs H Bachtiar Syam yang juga adalah Kepala Kantor Departemen Agama Kukar, dengan jumlah petugas operasional ini maka idealnya setiap petugas nantinya akan melayani 25 hingga 26 orang jamaah. Jumlah petugas pendamping jamaah haji ini tambah Bachtiar Syam, merupakan suatu prestasi tersendiri. Karena satu-satunya daerah di Kabupaten/Kota di Kaltim bahkan mungkin di Indonesia, maka Kukar yang paling banyak mengirimkan tenaga petugas pendamping.

Dari jumlah petugas pendamping itu 16 orang dibiayai pemerintah pusat terdiri dari 3 orang Petugas Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI), 3 orang petugas tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), 10 orang petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). Sedang 18 orang petugas lainnya yang dibiayai Pemkab Kukar masing-masing 6 petugas Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), 6 petugas TPIHD dan 6 petugas TKHD.

Sementara itu Bupati Kukar yang diwakili Sekretaris Kabupaten Drs H Eddy Subandi MM saat menutup kegiatan Manasik Haji Massal II siang tadi meminta kepada calon jamaah haji Kukar agar dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci selalu memohon ampunan dan mendoakan agar pembangunan di Kukar lebih berkembang lagi dimasa-masa mendatang.

Pada manasik haji massal kedua ini, selain dilakukan pemantapan dan penetapan Ketua regu dan Ketua rombongan juga diberikan arahan dan pembekalan ibadah haji seperti masalah kesehatan, keselamatan penerbangan dan praktek tawaf dan sai.

Berdasarkan data dari Bank Penerima setoran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji dan sudah dinyatakan OK status keberangkatannya pada musim haji 2004 ini sebenarnya berjumlah 906 orang. Namun karena ada yang mutasi ke daerah lain dan mengundurkan diri serta meninggal dunia maka jamaah haji Kukar tinggal 873 calon jamaah.

Jamaah haji Kukar ini terbagi atas 4 kelompok terbang (kloter) yaitu Kloter 2 yang diberangkatkan tanggal 31 Desember ini, kloter 14 tanggal 08 Januari 2004, kloter 22 pada 19 Januari 2004 dan kloter 31 berangkat pada 25 Januari 2004. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.