KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Gubernur BI: Kutai Kartanegara Profil Indonesia Adil Makmur

Gubernur BI Syahril Sabirin didampingi Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM ketika menuruni tangga istana Sultan Kutai Kartanegara
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 06/05/03
Kemajuan pembangunan yang didukung oleh kekayaan potensi sumber daya alam di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan profil dari cita-cita pembangunan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

Demikian diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Syahril Sabirin ketika berkunjung ke Tenggarong tadi siang. Menurut Syahril Sabirin, kemajuan di Kukar merupakan dampak positif dari kebijakan otonomi daerah.

"Saya sangat terkesan melihat perkembangan kemajuan pembangunan di daerah ini, oleh sebab itu Kukar patut dijadikan contoh teladan bagi daerah di Indonesia dalam melaksanakan pembangunan," kata Syahril.

Syahril Sabirin juga mengharapkan agar Kukar dapat mengkontribusikan kemajuan ini dengan daerah lain di Indonesia dengan cara menjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan di berbagai aspek kehidupan, sehingga kontribusi kesejahteraan masyarakat di nusantara dan semangat nasionalisme di era otonomi daerah benar-benar terwujud.

Menyinggung tentang peran BI menurut Syahril Sabirin, BI tidak seperti dahulu yang dapat menyediakan dana secara langsung dalam memberikan bantuan kepada masyarakat dalam meningkatkan usaha kecilnya. Namun sekarang dialihkan dalam bentuk pengkajian potensi-potensi yang ada di daerah bersangkutan yang disebut dengan base land survey.


Sultan Kutai Kartanegara HAM Salehoeddin II menyerahkan cinderamata patung Lembu Swana kepada Syahril Sabirin
Photo: Joe

Hasil dari kegiatan ini kemudian dikaji bersama melalui Pemda, Kantor BI Daerah, pengusaha dan pihak perbankan untuk kemudian direalisasikan dalam bentuk usaha nyata yang didukung pihak perbankan. Selain itu peran BI adalah menjaga nilai tukar rupiah agar tetap terkendali secara wajar sesuai dengan kemampuan ekonomi kita.

Gubernur BI Syahril Sabirin dan istri beserta rombongan dari Jakarta ini diterima oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM bersama Sultan Kukar H Aji Mohd Salehoeddin II di Kedaton Koetai Kartanegara. Kedatangan Syahril Sabirin di Kedaton Sultan ini disambut dengan upacara adat dan suguhan Tari Ganjar Ganjur serta Tari Topeng Kemindu yang dibawakan secara tunggal oleh cucu Sultan Kutai Kartanegara, Aji Emelda Firdina.

Dalam kunjungan ke Tenggarong, Syahril Sabirin beserta rombongan juga berkesempatan untuk mengunjungi Museum Mulawarman dan pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala Tenggarong. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.