KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Warga Minta Relokasikan Karyawan VICO ke Muara Badak

Salah seorang tokoh masyarakat Muara Badak menyampaikan aspirasinya dihadapan anggota DPRD Kukar dan Direktur External Relation VICO Indonesia
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 06/03/03
Perusahaan migas VICO Indonesia yang beroperasi di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara kerap mendapat keluhan masyarakat setempat. Kali ini dari masyarakat Muara Badak yang meminta agar manajemen VICO Indonesia mampu merelokasi karyawannya yang berada di luar Muara Badak untuk menetap secara permanen di Kecamatan tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam presentasi community development (comdev) tahun 2003 VICO Indonesia dihadapan anggota DPRD Kukar yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kukar, H Jumri Imbran SSos tadi siang di Tenggarong.

Presentasi yang sedianya hanya diagendakan buat anggota DPRD Kukar dalam rangka memberikan masukan bagi anggota dewan terutama anggota Panitia Khusus (pansus) DPRD Kukar yang membahas perseteruan antara warga Muara Badak dengan VICO, namun secara tak terduga dihadiri pula puluhan tokoh masyarakat Muara Badak.

Para tokoh masyarakat Muara Badak yang dipimpin Abdul Wahab mengharapkan agar manajemen VICO secara konsisten mengharuskan seluruh karyawannya menetap secara permanen di Muara Badak. Karena menurut mereka dengan menetapnya karyawan VICO yang berjumlah hampir seribu orang itu akan memberikan gairah dan nilai tambah bagi pembangunan di Kecamatan Muara Badak.

"Selama ini karyawan VICO terutama pada level menengah ke atas setiap akhir pekan selalu pulang kampung, ada Ke Jawa, Balikpapan dan Samarinda." kata Abdul Wahab. Menurut salah seorang tokoh lainnya H Samad Haruna, mereka ingin menyaksikan presentasi itu sekaligus menyampaikan aspirasi kepada anggota dewan terutama tentang kelanjutan kerja pansus Muara Badak yang ditangani DPRD Kukar.

"Ini kan kesempatan yang baik bagi tokoh masyarakat Muara Badak dimana hari ini kami dapat bertemu dan menyampaikan uneg-uneg secara langsung dengan pihak VICO dan anggota DPRD." katanya.


Wakil Ketua DPRD Kukar Jumri Imbran dan Direktur External Relation VICO Indonesia Surya Safari dalam acara Presentasi Comdev Vico Indonesia tahun 2003
Photo: Joe

Sementara Direktur Eksternal Relation VICO Indonesia, Surya Safari, pada presentasi comdev 2003 VICO Indonesia mengatakan, untuk tahun 2003 ini manajemen telah menganggarkan dana Rp 12 milyar untuk kegiatan comdev (proyek pembangunan masyarakat) atau meningkat Rp 2 milyar dari tahun 2002 lalu.

Proyek comdev tersebut akan disebar di empat lokasi utama operasi VICO Indonesia atau pada 5 kecamatan di Kutai Kartanegara yaitu di lapangan Mutiara (Kecamatan Muara Jawa dan Samboja), lapangan Badak dan Sambera (Kecamatan Merangkayu dan Muara Badak) dan lapangan Nilam (Kecamatan Anggana dan Muara Badak). Sedang proyek yang akan dilakukan terdiri dari proyek pembangunan infrastruktur, pemberdayaan SDM, sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Sedang kendala yang dihadapi VICO selama tahun 2002 lalu menurun secara signifikan, seperti pemblokiran dan klaim warga masyarakat yaitu dari 120 kasus pada tahun 2001 menjadi hanya 13 kasus, dan semua kasus ini dapat diselesaikan dengan baik pihak manajemen VICO di Muara Badak.

Menyinggung kapasitas produksi yang dihasilkan dari 4 lapangan, untuk tahun 2003 menurutnya turun sekitar 17 persen yaitu dari 12 menjadi 10 BCFD. Sehingga membuat perusahaan melakukan langkah-langkah efisiensi biaya operasi di segala lini termasuk menjadwalkan pengurangan karyawan baik di lingkungan VICO sendiri maupun kontraktornya.  (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.