KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Rancangan APBD Kukar Sebesar Rp 2,2 Trilyun

Syaukani ketika menyerahkan dokumen RAPBD 2003 dan 20 Raperda kepada Ketua DPRD Kukar H. Bachtiar Effendi untuk dibahas dan ditetapkan menjadi peraturan daerah.
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 06/01/03

Bupati Kutai Kartanegara Drs H Syaukani HR MM tadi pagi dihadapan anggota DPRD Kukar menyampaikan Rancangan APBD untuk tahun anggaran 2003 sebesar Rp 2,246 Trilyun lebih dalam suatu Sidang Paripurna Terbuka II yang dipimpin langsung ketua DPRD, H Bachtiar Effendi BcHK.

Dibanding tahun sebelumnya 2002, RAPBD Kukar 2003 ini anggarannya ada kenaikan sedikit yaitu sekitar 1,66 persen dari sebelumnya. Yang menarik dari besaran RAPBD yang diajukan Syaukani tadi pagi ternyata dari keseluruhan rancangan APBD 2003 ini terdapat dana proyek luncuran atau sisa lebih perhitungan tahun 2002 lalu yang jumlahnya sangat signifikan yaitu sebesar Rp 451.310 milyar.

Menurut Syaukani besarnya dana luncuran ini akibat belum siapnya sistim administrasi keuangan daerah seperti belum diterbitkannya Surat Keputusan Otorisasi (SKO) dari beberapa Daftar Isian Proyek Daerah (DIPDA) yang tidak dapat dilaksanakan. Hal lain akibat lambannya dana perimbangan antara pusat dan daerah yang turun ke daerah. 

"Namun jangan khawatir, proyek atau program yang sudah tercantum dalam DIPDA namun belum sempat direalisasikan pada tahun yang lalu, insya Allah tahun ini menjadi prioritas". kata Bupati Syaukani.

Sementara untuk program Gerakan Rp 2 milyar per desa akan tetap dilanjutkan pada tahun 2003 karena program ini sangat penting dan memberikan dampak yang positif dalam mensejahterakan masyarakat.

Dari jumlah Rp 2,2 trilyun RAPBD 2003 Kukar yang diajukan ini, untuk belanja rutin sebesar 35 persen dan belanja pembangunan sebesar 65 persen atau sekitar Rp 1,4 trilyun. Sementara untuk pendapatan berasal dari dana perimbangan keuangan antara pusat dan daerah sebesar Rp 1,4 trilyun, Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 291 milyar, selebihnya berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), retribusi serta dari berbagai sumber pendapatan lainnya. Untuk PAD pada tahun rencana anggaran 2003 ini meningkat tajam sebesar Rp 18,7 milyar dari sebelumnya tahun 2002 sebesar Rp 12 milyar lebih.

Pada saat memasuki sesi kedua Sidang Paripurna II DPRD Kukar tadi siang, Syaukani menyampaikan 20 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang merupakan Raperda terbanyak yang pernah diajukan kepada pihak legislatif selama ini. Diantara ke 20 Raperda itu adalah Raperda tentang Perubahan Lambang Daerah, Retribusi Pembuatan Badan Kapal, Zona Bebas Pekerja Anak dan Raperda Penanaman Modal Daerah. Diantara Raperda yang diajukan tersebut sedikitnya terdapat 9 Raperda perubahan seperti Raperda Izin Usaha, Retribusi Lingkungan Hidup dan Raperda Kebersihan Kota. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.