KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Siswono Ingin Buka Peternakan di Kukar

KutaiKartanegara.com 31/01/03
Setelah beberapa hari lalu dikunjungi calon investor dari Austria, kembali Kabupaten Kutai Kartanegara mendapat kunjungan rombongan calon investor nasional yang bergerak di bidang pertanian.

Rombongan pengusaha dari Jakarta yang dipimpin oleh Ir Siswono Yudohusodo selaku ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini diterima oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM di Pendopo Odah Etam tadi malam (30/01) sekitar pukul 20.00 WITA.

Dalam kesempatan pertama, Bupati H Syaukani HR menyampaikan ekspos potensi-potensi yang ada di Kutai Kartanegara beserta program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku), termasuk upaya pemkab Kukar untuk menjadikan daerah ini sebagai lumbung pangan Kaltim dengan dibangunnya Rice Processing Unit (RPU) atau pusat penggilingan padi terbesar yang ada di Indonesia.

"RPU yang kami miliki mampu menghasilkan 50.000 ton beras kristal per hari atau sekitar 5.000 ton beras per jam. Jadi, berapapun hasil panen para petani, semuanya dapat diolah melalui RPU ini dengan harga yang stabil." kata Syaukani sembari menjelaskan kerugian yang diderita petani pada saat panen karena anjloknya harga gabah.

Setelah menyampaikan ekspos potensi dan peluang investasi di daerah ini, Syaukani mengajak Siswono dan para pengusaha lainnya untuk menanamkan modalnya di Kukar.

Pada kesempatan berikutnya, Siswono mempresentasikan peluang industri pertanian di masa mendatang yang sangat cerah dengan judul "Membangun Lumbung Pangan Nasional di Kutai Kartanegara". Menurut Siswono, Kukar sangat potensial bagi pengembangan industri pertanian di masa datang dengan lahannya yang cukup luas serta didukung komitmen pemkab untuk mulai sekarang mengembangkan sumber daya yang dapat diperbaharui, mengantispasi jika sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui di Kukar seperti migas telah habis.

"Di Amerika Serikat, negara bagian Texas yang merupakan penghasil migas bukanlah daerah terkaya, melainkan negara bagian Virginia yang maju dalam industri pertaniannya." kata Siswono memberikan gambaran potensi sektor pertanian.

Menanggapi ajakan Bupati H Syaukani HR untuk berinvestasi di Kukar, Siswono menyambutnya dengan positif dan ingin membuka peternakan. "Saya berminat untuk membuka ranch atau peternakan disini, mungkin saya perlu lahan seluas 300 hektar." kata Siswono yang disambut tepuk tangan meriah para undangan.

Setelah menyampaikan presentasinya, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Bupati Kukar kepada Siswono Yudohusodo yang juga mantan Menteri Transmigrasi tersebut. Sebelum kembali ke Hotel Singgasana, Siswono dan beberapa undangan lainnya sempat melantunkan lagu dan berpoco-poco bersama. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.