KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Jembatan Martadipura Buka Isolasi Daerah Pedalaman

KutaiKartanegara.com 30/12/02
Kondisi geografis Kutai Kartanegara yang dibelah oleh sungai Mahakam dan puluhan anak sungainya menyebabkan kehidupan masyarakat di pedalaman cukup terisolir. Distribusi barang yang terbatas berdampak pada tingginya harga barang di daerah pedalaman.

Pemkab Kutai Kartanegara terus meingkatkan pembangunan infrastruktur di daerah ini baik berupa pembangunan jalan darat maupun jembatan. Satu lagi jembatan besar yang akan membuka keterisolasian wilayah pedalaman di Kutai Kartanegara diharapkan rampung pada tahun 2003 yang akan datang.

Jembatan baru yang diberi nama Martadipura ini terletak di kecamatan Kota Bangun. Pembangunannya sendiri sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2001 dengan menelan biaya tak kurang dari Rp 100 miliar. Jembatan berkonstruksi baja yang mirip dengan jembatan di Sydney (Australia) ini dibangun diatas Sungai Mahakam dengan bentang sekitar 700 meter.

Menurut Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, Kota Bangun dipilih untuk pembangunan jembatan ini karena memiliki akses terdekat dengan kecamatan-kecamatan yang ada di pedalaman Mahakam. Selain itu karena daerah ini sudah lama memiliki lintasan darat yang terhubung dengan ibukota Kutai Kartanegara, Tenggarong.

Dengan beroperasinya jembatan Martadipura otomatis akan membuka perhubungan darat antara Tenggarong dengan wilayah pedalaman, terutama dengan kecamatan Muara Kaman, Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang.

Pemkab Kutai Kartanegara rencananya akan membangun dua jembatan besar lainnya di Muara Muntai dan Tabang. Diharapkan perekonomian di daerah-daerah terpencil akan semakin bergairah dengan terbukanya perhubungan darat di seluruh kecamatan di Kutai Kartanegara. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.