KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

RAPBD Kukar 2004 Mulai Gunakan Anggaran Kinerja

KutaiKartanegara.com 30/04/03
Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kutai Kartanegara tahun 2004 dipastikan sudah mengalami perubahan yakni dengan menggunakan sistim baru berdasarkan pendekatan kinerja. Perubahan penyusunan APBD ini sendiri telah disosialisasikan kepada seluruh kepala dan staf dinas/instansi Kabupaten Kukar sejak Senin (28/04) lalu dan berakhir tadi siang di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kutai Kartanegara yang ditutup oleh Sekretaris Kabupaten Kukar Drs H Eddy Subandi MM mewakili Bupati Kukar.

Kegiatan sosialisasi Keputusan Mendagri No 29 Tahun 2002 mengenai Perubahan Sistim Penyusunan APBD Berdasarkan Anggaran Kinerja ini diselenggarakan oleh Bagian Keuangan Sekretariat Kabupaten Kukar bekerjasama dengan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gadjah mada (UGM).

H Suryanto Anwar SE MM selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam sambutan penutupnya berharap agar sosialisasi ini terus berlanjut dalam 1-2 bulan kedepan agar penyusunan APBD dengan sistim baru ini semakin mantap. "Semoga output yang diberikan instruktur dapat menambah wawasan bagi para peserta sosialisasi." kata Suryanto Anwar yang juga Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Kabupaten Kukar.

Sementara itu, Kepala Divisi Kebijakan Publik PSEKP UGM, Dr M Masykur Wiratmo MSc mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemkab Kukar kepada PSEKP UGM dalam mendampingi Kukar untuk menyusun APBD berdasarkan kinerja ini. 

"Acara sosialisasi ini walau akan ditutup sebentar lagi sebenarnya masih belum selesai. Durasi kegiatan ini adalah selama 3 bulan, dan masih ada tugas yang diberikan kepada seluruh peserta untuk menyusun APBD unit kerja masing-masing selama dua minggu." kata Masykur Wiratmo.

Ia berharap kepada Bupati Kutai Kartanegara dalam hal ini Sekretaris Kabupaten Drs H Eddy Subandi MM untuk mendorong seluruh unit kerja agar mengerjakan APBD unit masing-masing sesuai basis kinerjanya.

Menurut Masykur Wiratmo, jika masih ada kekurangan atau kesulitan dalam penerapan sistim baru ini adalah suatu hal yang wajar. "UGM masih akan mendampingi Kutai Kartanegara dan akan berkunjung lagi ke Tenggarong." demikian katanya.

Drs H Eddy Subandi MM yang membacakan sambutan Bupati Kukar menyatakan penghargaannya kepada seluruh peserta sosialisasi. Dalam amanatnya tersebut, Bupati Kukar mengatakan ada dua aspek yang harus dipertimbangkan dalam anggaran kinerja yakni aspek legal anggaran daerah dan yang kedua adalah aspek pengelolaan dan pertanggungjawaban. Kedua aspek ini harus dijadikan pedoman dalam penyusunan APBD berdasarkan anggaran kinerja yang sangat menuntut akuntabilitas publik.

Diluar sambutan tertulis Bupati Kukar, Eddy Subandi menekankan pentingnya kesamaan persepsi dan interprestasi dalam penyusunan APBD dengan sistim baru ini di setiap dinas/instansi. "Dalam 3 minggu hasil sosialisasi, saya harap rancangan tersebut dapat digunakan untuk RAPBD tahun 2004." kata Seskab Eddy Subandi sebelum secara resmi menutup kegiatan sosialisasi tersebut. (win)

Berita Terkait:
>> UGM Sosialisasikan APBD Dengan Pendekatan Anggaran Kinerja (28/04/03) 

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.