KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

KUTAIKARTANEGARA.com MUSIC

Jikustik Live in Concert - Tenggarong, 29 Mar 2003

Konser Jikustik Sukses di Tenggarong

Penampilan Jikustik dihadapan publik Tenggarong
Photo: Agri, 2003

KutaiKartanegara.com 30/03/03
Hujan deras yang mengguyur 'Kota Raja' Tenggarong sejak sore hari ternyata tak menyurutkan langkah ribuan Jikustikan -sebutan bagi fans Jikustik- asal Tenggarong maupun Samarinda untuk menyaksikan konser grup band Jikustik yang digelar semalam (29/03) di Gedung Puteri Karang Melenu Tenggarong.

Konser grup musik anak muda asal Kota Gudeg Yogyakarta ini merupakan persembahan dari Sinar Kumala Entertainment Tenggarong bekerjasama dengan Pedee Production Samarinda dengan tajuk "Perjalanan Panjang Jikustik di Kota Raja".

Suasana kota Tenggarong yang cukup dingin karena guyuran hujan mulai menghangat ketika band asal Tenggarong yakni Katara tampil sebagai band pembuka sekitar pukul 20.30 WITA. Katara sendiri tampil cukup menawan dan mendapat sambutan hangat penonton dengan membawakan 6 buah tembang, satu diantaranya adalah lagu ciptaan mereka sendiri yang berjudul Aku.


Ribuan Jikustikan yang memadati ruang serbaguna Gedung PKM
Photo: Agri, 2003

Para penonton yang kebanyakan adalah para kawula muda Tenggarong dan Samarinda ini tampak tak sabaran menunggu kemunculan Jikustik diatas pentas seusai penampilan Katara. Sekitar 1.500 Jikustikan beberapa kali memanggil-manggil nama Jikustik, tanpa menghiraukan MC yang memandu jalannya acara.

Begitu para personil Jikustik yang terdiri dari Pongki (rythm guitar/vocal), Icha (bass/vocal), Dadi (guitar), Carlo (drum) dan  Adit (keyboard) tampil diatas panggung, kontan histeria penonton cewek makin menjadi-jadi seakan-akan hendak meruntuhkan ruangan yang terletak di lantai dasar Gedung PKM tersebut.


Aksi Pongki yang cukup komunikatif dengan para Jikustikan Tenggarong
Photo: Agri, 2003

Para personil Jikustik tanpa banyak kata langsung mengambil peralatan dan menggebrak dengan membawakan salah satu hits dari album kedua mereka yang berjudul Pandangi Langit Malam Ini. Setelah lagu ini berakhir, barulah Pongki menyapa sekitar 1.500 Jikustikan yang hadir malam itu.

Penampilan Jikustik sendiri cukup komunikatif dengan penonton, Pongki beberapa kali turun panggung mendekati penonton dan mengajak para Jikustikan turut menyanyi bersama. Pongki yang cukup kocak juga sempat berpantun dalam bahasa Kutai dari contekan yang sudah ia siapkan.

Sementara Icha yang merupakan keturunan bangsawan Kesultanan Kutai Kartanegara ini bahkan berkomunikasi dengan penonton dalam bahasa Kutai. Celotehannya yang kocak juga disambut riuh para kawula muda 'Kota Raja' Tenggarong, sedangkan Pongki yang jadi terbengong-bengong dengan gaya bercanda mengeluh karena tidak mengerti apa yang dikatakan Icha.

Pada konser yang berakhir sekitar pukul 22.20 WITA semalam, Jikustik membawakan 12 buah tembang yang diambil dari 2 album yang telah mereka rilis, diantaranya adalah Seribu Tahun Lamanya, SKTD, Setia, Menggapaimu, Tak Ada Yang Abadi, Satu Hari Sebelum Dirimu Pergi, Meninggalkanmu, Maaf dan Kau Menghilang. Tak hanya itu, Icha yang bernama lengkap Aji Muhammad Mirza Ferdinand Hakim ini juga melantunkan sebuah lagu daerah Kutai yang berjudul Buah Bolok. Suasana pun menjadi riuh-rendah tatkala para Jikustikan turut mengiringi Icha menyanyikan lagu Buah Bolok.


Icha dan Carlo pada saat check sound di Gedung PKM kemarin sore
Photo: Agri, 2003

Begitu Buah Bolok selesai dilantunkan, Pongki langsung menyambung lagu tersebut dengan kembali melantunkan Pandangi Langit Malam Ini yang sebelumnya sudah dibawakan diawal konser.

Konser ditutup dengan tembang Kau Menghilang, setelah Pongki mengucapkan salam kepada penonton dan para personil Jikustik menuju backstage, penonton pun pulang dengan tertib. Sebagian remaja putri tampak masih menunggu-nunggu band pujaan mereka agar dapat kesempatan untuk berfoto bersama atau meminta tandatangan.

Rizali Gunawan dari Sinar Kumala Entertainment selaku Ketua Panitia Penyelenggara tampak cukup puas dengan konser Jikustik ini, karena menurutnya event ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh mereka. "Kedepan SKE akan coba datangkan lagi band-band papan atas Indonesia untuk manggung di kota Tenggarong." kata pria yang akrab disapa Uci ini. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.