KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Laksanakan Manasik Haji Massal


Para calon asal Kukar yang mengikuti Manasik Haji sedang melakukan
simulasi ibadah tawaf mengelilingi Ka’bah yang berada di halaman Masjid
Agung Tengarong

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 29/08/03 22:30 WITA
Sedikitnya 867 orang calon jamaah haji musim haji tahun 2004 asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) baik yang telah positif mendapatkan seat maupun yang belum, mengikuti Pelatihan Manasik Haji Massal I yang berlangsung di Masjid Agung Tenggarong Rabu (27/08) lalu.

Manasik Haji Massal yang dibuka Bupati diwakili Kepala Bagian Sosial Pemkab Kukar, Ir H Khairul Anwar Yusuf dilaksanakan oleh Pemda bersama Kantor Depag Kukar berlangsung selama dua hari.

Menurut koordinator pelaksana pemberangkatan calon Haji Kukar, Supeno SPd, yang dipastikan mendapatkan seat untuk calon jamaah haji Kukar berjumlah 649 orang. Mereka telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) di tiga bank di Tenggarong yang ditunjuk pemerintah masing-masing BNI 46 sebanyak 372 orang, BRI 186 dan Bank Mandiri 91 orang.

Dari jumlah tersebut, tambah Supeno, jamaah haji asal Tenggarong terbanyak jumlahnya sebanyak yaitu 431 dan yang terkecil jumlahnya berasal dari Kecamatan Muara Kaman yaitu 2 orang. Sedang kecamatan yang tidak mengirimkan calon jamaah hajinya tahun ini adalah dari kecamatan Muara Badak.

"Bukan berarti warga Muara Badak tahun ini tidak ada naik haji. Melainkan karena para calon jamaah haji asal kecamatan ini semuanya mendaftar di kota Samarinda. Mungkin pertimbangannya adalah kemudahan dalam berusan pendaftaran haji. Sedang bila dilihat jenis kelamin calon haji Kukar terbanyak adalah wanita yaitu 366 dan prianya 283 orang," kata Supeno.

Bupati Kukar dalam sambutan diwakili Ir H Khairul AY mengharapkan agar calon haji dapat mengikuti manasik haji ini dengan sebaik-baiknya. "Hanya melalui Manasik haji inilah yang dapat membantu meringankan para calon haji melaksanakan ibadahnya secara baik dan benar," demikian amanat tertulis Bupati Kukar.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kandepag Kukar Drs H Bahtiar Syam menyampaian materi manasik haji yang diantaranya adalah Undang-undang No 17/99 tentang penyelenggaraan ibadah haji Indonesia, tatacara ibadah haji dan pengetahuan umum lainnya.

H Bahtiar Syam juga menyinggung mengenai living cost (biaya hidup) jamaah haji. Menurutnya untuk tahun ini living cost jamaah haji di tanah suci tetap diberikan seperti tahun yang lalu yaitu sebesar 1.500 real. "Living cost ini diperuntukkan untuk biaya konsumsi jamaah haji selama di tanah suci. Saya jamin jamaah haji bila pulang ke tanah air nanti pasti sehat dan gemuk-gemuk karena makan yang enak-enak," ujar H Bahtiar Syam. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.