KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Tim Penilai WTN Tinjau Kota Tenggarong

KutaiKartanegara.com 29/07/03 00:29 WITA
Tim Penilai Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Tingkat Pusat yang beranggotakan 3 orang dipimpin Ir Yudisa dari Ditjen Perhubungan Darat Departemen Perhubungan RI melakukan kunjungan selama 3 hari ke kota Tenggarong. Kedatangan tim dari pusat ini diterima oleh Asisten I bidang Pemerintahan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), Drs HM Husni Thamrin kemarin (28/07).

Kunjungan rombongan Tim penilai selain melakukan peninjauan langsung ke dinas instansi terkait seperti Kantor Samsat, Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Kutai juga melakukan peninjauan lapangan diantaranya melihat terminal Timbau Tenggarong, peninjauan sarana dan prasarana jalan serta kondisi fisik kendaraan angkutan umum yang ada di Kota Tenggarong.

Menurut Ir Yudisa, kunjungan timnya ke Tenggarong dalam rangka melakukan penilaian terhadap pelaksanaan dan pengaturan tertib lalu lintas dan angkutan. Bagi pelaksanaan angkutan kota dan tertib lalu lintas yang terbaik nantinya, pemerintah pusat akan menganugerahkan piala Wahana Tata Nugraha yang merupakan lambang pelaksanaan transportasi kota terbaik di Indonesia.

Diungkap oleh Yudisa bahwa secara fisik kota Tenggarong kemajuannya sangat luar biasa namun tidak ditunjang oleh pengembangan sistem transportasinya. Banyak sarana dan prasarana serta fasilitas lalu lintas dan angkutan umum yang kurang memadai.

Menurut Ketua Tim Penilai Ir Yudisa, sebagian besar trotoar atau kaki lima di jalan-jalan utama kota Tenggarong tidak dapat difungsikan oleh pejalan kaki. Trotoar di Tenggarong lebih difungsikan sebagai tempat tumbuhnya pohon pelindung dan menaruh tong sampah, padahal trotoar merupakan bagian terpenting dari jalan.

Selain itu di kota Tenggarong tidak ditemui satupun halte angkutan umum. Diharapkan kekurangan ini bukan disengaja namun lebih disebabkan kota Tenggarong sedang berbenah menjadi sebuah kota yang baik dan rapi di Kaltim.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Kukar, HM Husni Thamrin, mengakui berkat otonomi daerah yang diberlakukan secara efektif tahun 2001 lalu memberikan berkah bagi pembangunan kota Tenggarong. Dikatakan secara bertahap kota Tenggarong akan dibangun dengan mengacu kepada konsep pembangunan kota modern dan canggih.

"Yang jelas tahun anggaran 2003 ini Pemkab Kukar sedang membuat jalan dalam kota Tenggarong berkualitas internasional sepanjang 6 km yaitu dari Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Mukhsin hingga ke Jalan Wolter Monginsidi bernilai Rp 50 milyar. Insya Allah pembangunan ke tiga ruas jalan ini dapat diselesaikan sebelum pelaksanaan Erau 2003 bulan September mendatang," kata Husni Thamrin.

Menyinggung tentang transportasi untuk trayek dalam kota dan pedesaan serta luar kota, akan terus dibenahi termasuk SDM awak angkutan dan fisik kendaraannya. Ditambahkan, komitmen Pemkab Kukar untuk membenahi aksesibilitas dan mobilitas di kota Tenggarong ini sangat penting karena selain dapat mencitrakan kota yang aman dan tertib juga Tenggarong adalah kota tujuan wisata terpenting di Kaltim. Demikian katanya. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.