KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kawasan Tepi Mahakam di Tenggarong Dijadikan Taman

Kawasan tepi Mahakam di kota Tenggarong akan menjadi kawasan taman sebagai pendukung obyek wisata Pulau Kumala

<Dok. Humas & Protokol Sekkab Kukar>

KutaiKartanegara.com 27/03/03
Sebagai daerah yang nantinya akan mengandalkan sektor pariwisata untuk mengisi Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya di masa mendatang, Kukar akan terus melakukan langkah-langkah pembangunan untuk mendukung usahanya tersebut.

Rencananya kawasan tepian Sungai Mahakam di Tenggarong yang mencakup kawasan Jembatan Kartanegara, sampai ke Jembatan Bongkok bakal "disulap" menjadi sebuah taman raksasa yang dilengkapi beberapa bangunan dan sejumlah sarana wisata pendukungnya.

Rencana untuk desain atau bentuk pembangunan yang diistilahkan dengan nama Tenggarong Promenade dan Public Space oleh konsultannya, bakal dibangun dalam waktu tak lama lagi.

Ekspos atau paparan soal reka bentuk promenade tersebut sudah disampaikan kepada Bupati Syaukani, Sekkab Eddy Subandi dan sejumlah Kadis dan Instansi terkait kemarin (26/03) di Pulau Kumala, Tenggarong.

"Promenade ini dibangun tujuan akhirnya nanti, tak lain untuk meningkatkan pendapatan hidup masyarakat sekitar," tutur konsultan tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemkab telah membebaskan sekitar 2,5 km kawasan di bantaran Mahakam Tenggarong yang sebelumnya digunakan pemukiman warga. Kawasan inilah yang nantinya akan dibangun promenade tersebut. Dimana sejumlah bangunan berupa café-café, pelabuhan, pentas seni, menara pengawas dan beberapa bangunan lainnya, termasuk tempat parkir bakal didirikan di kawasan yang sudah diturap itu.

"Usahakan nantinya, kawasan promenade itu dilengkapi dengan sejumlah lampu-lampu indah dan menarik. Tidak kalah seperti di negara lain yakni Singapura atau Malaysia," tambah Syaukani.

Untuk mendukung rencana tersebut, tentu saja sejumlah langkah koordinasi akan dilakukan oleh beberapa pihak terkait. Dari pihak konsultan pelaksana, juga dinas-dinas terkait Pemkab Kukar.

"Rancangan kami, nantinya promenade ini akan menjadi kawasan yang terus 'hidup' siang dan malam. Untuk tidak menimbulkan kesan mesum, tanaman-tanaman yang ditanam di kawasan tersebut akan diberikan tanaman pengarah saja. Dimana ini juga akan memudahkan pengunjung untuk memandang Pulau Kumala dan Sungai Mahakam dari tepi jalan yang ada di sekitar tepian," ungkapnya.

Dalam penjelasan yang disampaikan kemarin, tujuan dan sarana serta sasaran yang bakal dicapai atas pembangunan taman dan sejumlah bangunan sarana wisata dipaparkan secara singkat dan jelas. Bahkan sempat pula dibahas soal teknis beberapa masalah dan hambatan yang akan dihadapi untuk membangun promenade itu. (idn)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.