KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam"

Jalan Alternatif di Tenggarong Seberang Rawan Kecelakaan

KutaiKartanegara.com 23/11/02
Dibukanya jalan alternatif di sekitar jalan yang longsor di Tenggarong Seberang beberapa waktu lalu memang memudahkan pengendara mobil dan sepeda motor untuk menuju Samarinda dengan cepat, namun di sisi lain jalan alternatif tersebut ternyata rawan terhadap kecelakaan.

Di musim penghujan saat ini, hampir setiap hari hujan mengguyur wilayah 'Kota Raja' Tenggarong. Akibatnya, jalan alternatif yang hanya berupa tanah dengan pasir pun menjadi becek dan licin. Tak jarang para pengendara sepeda motor terjatuh karena licinnya jalan, sementara pengemudi kendaraan roda empat harus mati-matian mengendalikan   mobilnya yang selip agar tidak membentur kendaraan lain saat berpapasan atau agar kendaraannya tidak amblas.

Untunglah sebagian warga yang tinggal di daerah tersebut dengan sukarela mengatur lalu-lintas di jalan alternatif tersebut, sehingga paling tidak dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Tak jarang mereka dengan sigap membantu kendaraan yang amblas di tengah jalan agar lalu-lintas dapat kembali lancar.

Seperti diberitakan sebelumnya, jalan yang menghubungkan Tenggarong-Samarinda lewat Tenggarong Seberang terputus akibat badan jalan longsor ke sungai Mahakam beberapa waktu lalu. Pemkab Kukar dalam hal ini Dinas Bina Marga segera membuat jalan alternatif di sekitar jalan yang longsor tersebut sambil mulai membangun sebuah jembatan diatas bekas badan jalan yang ambruk.

Masyarakat berharap agar Pemkab Kukar memperhatikan segi keamanan jalan alternatif ini di waktu hujan. Beberapa pegawai Pemkab Kukar yang memperbincangkan masalah tersebut mengatakan bahwa jalan alternatif tersebut sebaiknya dipadatkan lagi dengan menggunakan kerikil dan pasir sehingga jalan tidak menjadi terlalu licin jika hujan. Sementara sebagian mengatakan mereka lebih baik menempuh perjalanan menuju Samarinda lewat Desa Jongkang atau bahkan Loa Janan jika hujan turun. (win)

Berita Terkait:
>>
Jalur Tenggarong-Samarinda Kembali Lancar (10/11/02)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.