KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Diklat Perfilman PARFI Dibuka

Ketua PARFI Tenggarong Eddy Subandi  bersama artis-artis PARFI Jakarta
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 23/04/03
Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Kutai Kartanegara bukan saja dalam bidang formal ataupun yang berorientasi pada rasionalitas semata, tetapi juga pada bidang seni yang berorientasi pada bidang afeksi. 

Masyarakat Kutai Kartanegara dapat dikatakan begitu intim dengan kesenian, hal ini terbukti dari seringnya ekshibisi dan festival seni skala lokal, nasional bahkan internasional yang diikuti oleh seniman-seniwati asal Kutai Kartanegara.

Hal tersebut kemudian direspons oleh Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) dengan menggelar pendidikan dan latihan (diklat) bidang perfilman bekerjasama dengan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Jakarta.

Pembukaan Diklat Perfilman sekaligus Workshop Seni Musik Tradisi dan Alternatif ini dilaksanakan tadi malam (22/04) di Gedung Serapo "H Zailani Idris" Tenggarong yang ditandai dengan penyerahan materi diklat oleh Ketua PARFI Tenggarong Eddy Subandi kepada salah seorang peserta. 


Eddy Subandi  membuka Diklat Perfilman dengan memberikan materi kepada salah seorang peserta
Photo: Yanda

Dalam acara pembukaan dan welcome party semalam, tampak hadir beberapa artis ibukota yang juga merangkap sebagai instruktur dalam workshop tersebut. Mereka adalah Eva Rosdiana Dewi (Pendamping), Rahmad Yacob (Pendamping), Didi Petet (Pemeranan), Enison Sunarno (Penyutradaraan), Nizar Zulmi (Wawasan Artis), Mery S Mustaf (Wawasan Artis), Ozy Saputra (Tata Rias), Lela Anggraeni (Tata Rias) dan Bernard (Kameramen). 

Selain itu juga hadir seniman Epi Martison yang akan memberikan materi mengenai Seni Musik Tradisi dan Alternatif, serta Tom Ibnur selaku Konsultan Revitalisasi Seni Budaya Kutai Kartanegara. Hadir pula beberapa pejabat Pemkab Kutai Kartanegara, seniman LPKK, wartawan, kelompok-kelompok kesenian dan masyarakat.

Acara diawali dengan hiburan berupa penampilan artis Tenggarong yang dilanjutkan dengan artis-artis ibukota seperti Ozy Saputra, Lela Anggaraeni dan dan Nizar Zulmy. Eddy Subandi juga ikut memeriahkan acara dengan melantunkan sebuah lagu.

Ketua LPKK Misra Budiarto AX dalam sambutannya mengatakan, dalam workshop kali ini terbagi atas dua bidang, yakni bidang pendidikan perfilman dengan peserta sebanyak 40 orang dan seni musik tradisi dan alternatif sebanyak 30 orang.

Sementara itu Eva Rosdiana Dewi selaku Ketua Parfi Pusat dalam sambutannya berharap agar workshop serupa yang akan dilaksanakan untuk kedua kalinya ini dapat terus berlanjut dan diharapkan hasil workshop perfilman ini Kutai Kartanegara dapat memproduksi sebuah film lepas yang bermutu.


Suasana welcome party yang juga dimeriahkan dengan joget bersama
Photo: Yanda

Sedangkan Ketua PARFI Tenggarong, Eddy Subandi dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop kali ini sangat penting untuk menambah ilmu pengetgahuan bagi seniman atau artis Kutai Kartanegara. Dikatakannya bahwa workshop yang pertama menghasilkan output berupa sebuah film berjudul Boyon Dengsanak Etam dengan cerita, artis, sutradara dan kru berasal dari seniman lokal. 

"Garapan film yang kedua diharapkan akan lebih baik lagi kualitasnya dan ini merupakan kolaborasi antara artis ibukota dan lokal. Kita harap film ini dapat menjadi film komersial yang mengangkat kultur Melayu Kutai." kata Eddy Subandi. (zef/ynd)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.