KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kereta Gantung, Tiga Hari Raih Rp 16 Juta

KutaiKartanegara.com 23/02/03
Sejak kereta gantung dioperasikan, minat masyarakat sangat besar. Hampir setiap hari ada saja yang datang ke stasiun kereta gantung di Tenggarong Seberang untuk berkunjung ke objek wisata Pulau Kumala melalui kereta gantung hasil kerjasama dengan PT Doppelmayr Ropeway Technology, Austria itu. Itu berarti bisa memberikan pendapatan bagi daerah dengan memberlakukan tarif Rp7.500 per orang.

"Saya tanya ke Manajemen Ancol yang mengelola sementara waktu, soal pendapatan dari pengoperasian kereta gantung. Ternyata hasilnya cukup besar. Selama tiga hari saja, 12 sampai 14 Februari lalu bisa memperoleh Rp16 juta," kata Pimpro Pembangunan Kereta Gantung dari Dinas Cipta Karya Kukar Ir H Sulaiman Usman MM kepada Kaltim Post.

Dikatakannya, kereta gantung yang dibangun mulai Februari 2002 dan rampung September 2002 dengan dana Rp29,5 miliar itu sudah dioperasikan setiap hari. Operatornya yang merupakan tenaga lokal dan baru mengikuti pelatihan, setiap hari berada di stasiun dan siap memberikan pelayanan. Namun, dari hasil pengamatan pada hari Sabtu dan Minggu menunjukkan jumlah pengunjung mencolok. "Empat kabin yang ada sampai penuh. Jika penuh seperti itu berarti sekali berangkat ada 24 orang penumpang. Karena satu kabin itu kapasitasnya 6 orang," ujar Sulaiman yang juga Kasi Pembangunan di Dinas Cipta Karya sembari mengatakan untuk pulang pergi ke Pulau Kumala memakan waktu 15 menit dengan jarak 1.298 meter.

Dalam waktu dekat, tambah Sulaiman, pihaknya akan menambah 2 kabin lagi seperti yang ada dan 1 kabin VIP. Sehingga nantinya akan ada 7 kabin dengan 1 di antaranya kabin VIP. "Kami sudah pesan kabin itu. Kabin VIP itu atas permintaan Pak Bupati (Syaukani HR)," katanya.

Secara fisik kereta gantung milik Kukar ini mempunyai banyak keunggulan. Bangunan penyangga dan tower kereta gantung sangat kokoh. Kontruksi menggunakan beton bertulang batang K400-475, ada empat tower masing-masing tower I sebagai tower pembantu setinggi 6,3 meter, tower II dan III tower penggantung dengan tinggi masing-masing 42,3 meter dan 48,2 meter serta tower IV yang juga sebagai tower pembantu setinggi 6,3 meter. "Kekuatan tali dengan diameter 5 CM itu mampu menahan beban seberat 10 ton," kata Sulaiman. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.