KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Jajaki Pengembangan Wisata Berkuda

KutaiKartanegara.com 22/05/03
Upaya pengembangan sektor pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar) terus dilakukan, termasuk memperluas objek wisatanya. Salah satu yang akan dikembangkan itu berupa wisata berkuda yang direncanakan di Desa Persiapan Rapak Lambur, Tenggarong.

Guna merealisasikan hal itu, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM tengah menjajaki kerjasama dengan PT Artayasa yang selama ini melakukan peternakan kuda di Cinere Bogor, Jawa Barat.

Menurut Pengurus Kumala Stable, Fadli Abdullah dan M Haryadi, pada awal Juni nanti pihak PT Artayasa akan berkunjung ke Tenggarong sekaligus meninjau lokasi.

"Rencana semula PT Artayasa datang ke Tenggarong tanggal 22 Mei, tapi karena ada undangan pacuan kuda di Malaysia sehingga ditunda hingga 4-5 Juni nanti. Pak Bupati (Syaukani) sangat berhasrat mengembangkan wisata kuda itu," kata Haryadi yang juga Bendahara di Kumala Stable dan bendahara pribadi Syaukani itu. Jika kerjasama itu terealisasi, nantinya PT Artayasa akan mengirimkan tenaga ahlinya dalam pemeliharaan kuda ke Tenggarong.

Menurut Fadli, jika wisata kuda terealisasi, tidak hanya sektor pariwisata yang lebih berkembang namun juga olahraga berkuda di Kukar khususnya dan Kaltim pada umumnya. Selain itu, sekaligus untuk persiapan menghadapi PON XVII di Kaltim tahun 2008 nanti.

Selama ini, olahraga berkuda dari Kalimantan pada even-even nasional sering diwakili Kukar sebagai satu-satunya daerah yang mempunyai stable (Kumala Stable) yang tak lain adalah milik H Syaukani HR. Bahkan Bupati Kukar ini juga diangkat sebagai penasehat di Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Pusat.

"Prestasi olahraga berkuda Kutai Kartanegara di level nasional boleh dibilang sangat membanggakan. Karena itu pada setiap even pasti diundang," ujar Fadli yang juga ajudan Syaukani, dan juga Koordinator Pacuan Kumala Stable itu.

Syaukani sendiri selama ini dikenal sebagai pecinta olahraga berkuda. Karena itulah, ia kemudian dipercaya menjabat sebagai Ketua Pordasi Kaltim. Kumala Stable milik Syaukani mempunyai tiga ekor kuda yang selama ini dipelihara di Jakarta yang dua diantaranya sudah dikenal secara nasional yang diberi nama Raja Intan dan Enggang.

Fadli dan Haryadi kemudian menyampaikan kabar gembira tentang prestasi Kumala Stable. Dikatakan keduanya, kuda Raja Intan dan Enggang kembali keluar sebagai juara pada Kejurda Pacuan Kuda se-Jawa Barat 11 Mei 2003 lalu di Gelanggang Pacu Areamanik, Desa Suka Miskin, Bandung. Raja Intan juara pada Derby Kelas A dan Enggang juara pada Calon Derby.

"Saat ini kami juga sedang siap-siap untuk turun lagi mengikuti even yang lain," ujar Haryadi. Disebutkannya, 25 Mei nanti mengikuti Kejurnas Seri II di Pacuan Kuda Pulau Mas, Jakarta, dan Seri I Juli mendatang. Kemudian, 1-2 Juni nanti mengikuti Kejurda di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. "Oktober nanti juga akan ikut serta pada Kejuaraan memperebutkan Piala Apkasi di Gelanggang Pacuan Kuda Pulau Mas Jakarta," ujar Haryadi. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.