KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

LPKK Gelar Pameran Seni Rupa

Salah satu lukisan mengenai sejarah Kutai yang dipamerkan
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 21/04/03
Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) menggelar pameran seni rupa bertajuk "Kutai Kartanegara Dalam Goresan" yang dibuka mulai malam ini hingga 28 April di Gedung Kwartir Ranting Gerakan Pramuka, Jalan Pattimura, Tenggarong.

Sebanyak 48 karya seni rupa yang terdiri dari lukisan, ukiran dan patung ini merupakan karya seniman para seniman Tengarong seperti Fred Wetik, Daroe Mahesi, Akhmed Alqorun, Asmuran, Tri Andi, Aris Wuryawan, Surono, Bambang Supandi dan Joko Maryant.

Hasil karya para perupa Tenggarong ini tidak hanya dipamerkan kepada khalayak namun juga dapat dibeli oleh para pecinta seni. Beberapa karya seni tersebut ada yang dijual seharga mulai Rp 300 ribu hingga puluhan juta rupiah.

Seperti karya budayawan Fred Wetik yakni 17 lukisan Episode Sejarah Kutai, seluruhnya dijual seharga Rp 65 juta rupiah. Dalam lukisan yang masing-masing berukuran 100 x 150 cm ini, tergambar secara lengkap catatan sejarah Kutai semenjak era Kerajaan Kutai Martadipura pada abad ke-4 Masehi, berdirinya Kerajaan Kutai Kartanegara hingga terbentuk menjadi Kabupaten Kutai pada tahun 1959.

"Lukisan pak Fred Wetik ini tak dapat dijual satu-satu, karena lukisan beliau merupakan satu rangkaian episode sejarah yang tak dapat dipisahkan." kata Akhmed, salah seorang perupa yang berpartisipasi dalam pameran ini.

Pameran perupa Tenggarong ini rencananya akan dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Kukar Drs H Eddy Subandi MM malam ini pada pukul 20.00 WITA, ditandai dengan membubuhkan tandatangannya diatas sebuah kanvas yang telah disediakan pihak panitia pameran. 

Para perupa yang tampil dalam pameran ini juga akan turut membubuhkan tandatangannya, termasuk para pengunjung pameran pun diperkenankan untuk memberikan tandatangannya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.