KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Memperingati Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga, Berbagai Kegiatan Digelar

KutaiKartanegara.com 21/01/03
Dalam rangka memperingati 56 tahun peristiwa perjuangan Merah Putih di Sanga-Sanga, berbagai kegiatan akan digelar diantaranya adalah napak tilas peristiwa Merah Putih, pertandingan olahraga, hiburan, pameran dan bazaar.

Menurut Ketua Panitia, Drs Halim, kegiatan napak tilas peristiwa Merah Putih akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari dengan mengambil start di Monumen Perjuangan Merah Putih, Sanga-Sanga pada pukul 15.00 WITA. Kegiatan ini akan dihadiri langsung oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM beserta unsur Muspikab Kukar. Rencananya pelepasan peserta napak tilas dan pembukaan pameran akan dilakukan oleh Gubernur Kaltim H Suwarna AF. 

Kegiatan pameran dan bazaar sendiri akan dibuka pada pukul 16.00 WITA bertempat di lapangan ex MTQ, samping Kantor Kecamatan Sanga-Sanga. Stan-stan pameran akan diisi oleh dinas/instansi di lingkungan pemkab Kukar dan pihak swasta yang salah satunya adalah PT Expan Nusantara, perusahaan migas yang beroperasi di Sanga-Sanga. PT Expan Nusantara sendiri mendukung kegiatan ini dengan mempersiapkan lahan pameran dan membantu beberapa perlengkapan.

Menurut Zainul Effendi Joesoef S.Sos selaku koordinator Pameran Pembangunan Merah Putih Gerbang Dayaku, rencananya akan turut dipamerkan senjata-senjata atau perlengkapan perang yang digunakan dalam peristiwa Merah Putih di Sanga-Sanga 56 tahun lalu. Zainul menambahkan bahwa pameran yang berlangsung hingga tangga 31 Januari ini akan disemarakkan pula dengan hiburan band.

Sementara itu, pada tengah malam tepatnya pukul 24.00 WITA akan digelar renungan suci di Taman Makam Pahlawan Batuah, Sanga-Sanga untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur dalam peristiwa perebutan Sanga-Sanga dari tangan penjajah Belanda pada tanggal 27 Januari 1947.

Kemudian keesokan harinya pada tanggal 27 Januari 2003, akan dilaksanakan Parade Peringatan Peristiwa Merah Putih bertempat di Lapangan Gelora Pantai, Sanga-Sanga. Setelah itu dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.