KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Dubes Brunei Darussalam Kagumi Kukar

KutaiKartanegara.com 20/06/03 08:45 WITA
Minat negeri jiran Brunei Darussalam untuk berinvestasi di Kalimantan khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara nampaknya benar-benar serius untuk dilakukan. Terbukti dari kunjungan Duta Besar Brunei Darussalam untuk RI, Dato Dr Haji Mohammad Amin Abdul Rahim bersama stafnya untuk melihat langsung peluang investasi yang ada di daerah ini.

Dalam kunjungan ke Tenggarong kemarin (19/06) siang, rombongan Dubes Brunei Darussalam diterima langsung oleh Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM. Pemkab Kukar melalui Ir Bachruddin Noor MEng kemudian memaparkan kepada tamunya mengenai potensi-potensi dan peluang investasi yang ada di Kutai Kartanegara.

"Dengan kekayaan sumber daya alam yang berlimpah di berbagai bidang memberikan peluang investasi yang cukup besar bagi negara lain. Bahkan untuk Brunei Darussalam," ungkap Bachruddin Noor yang juga adalah Ketua Bappeda Kukar.

Ia menambahkan potensi investasi itu antara lain pertambangan, peternakan, pertanian sampai pada perkebunan. Misalnya dalam bidang pertambangan pasir kuarsa yang belum dieksplorasi dengan dengan baik.

"Kemudian untuk perternakan, tersedia lahan yang cukup luas untuk lokasi penggemukan sapi," jelasnya. Juga untuk perkebunan, dimana kelapa sawit menjadi andalan selain komoditi perkebunan lainnya. Selain itu, Bachruddin menguraikan program Rice Procesing Unit (RPU) yang sudah dikembangkan untuk membantu swasembada beras.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kukar, Samsuri Aspar banyak menguraikan program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku). "Syukur alhamdulillah, dengan adanya otonomi daerah ini, Kukar dapat merasakan manfatnya," ujarnya. Karena dengan otonomi daerah yang sudah berlangsung sekitar dua tahun ini, Kukar sudah mulai menggeliat membangun. Selain itu, masyarakat dapat menikmati rahmat dari otonomi daerah tersebut.

Ia kemudian menguraikan berbagai program Gerbang Dayaku, mulai dari pembebasan SPP bagi siswa SD hingga SLTA. Juga tentang pemberian beasiswa untuk mahasiswa di Kukar. Yang intinya program tersebut untuk memberdayakan masyarakat Kukar.

Sementara itu, Duta Besar Brunei Darussalam, Dato Dr Haji Muhammad bersama Haji Muhammad Hani bin Haji Tengah, Letkol Hasnah bin Haji Abdullah dan Hajjah Zirwatul mengakui kekagumannya terhadap hasil pembangunan di Kukar. "Alhamdulillah jika Kutai Kartanegara menyamai pembangunan di Brunei," ujar Dato Dr Haji Muhammad.

Acara pertemuan di Pendopo Odah Etam kemudian diakhiri dengan tukar-menukar cinderamata antara Pemkab Kukar dan Duta Besar Brunei Darussalam. Rombongan Duta Besar tersebut kemudian melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata yang ada di Kota Raja Tenggarong. (wis/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.