KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Terminal Batubara Beroperasi, Pendapatan Daerah Bertambah

Batubara dari Kukar yang sedang dibawa menuju laut lepas.
Photo: Agri, 2002

KutaiKartanegara.com 20/01/03
Batubara merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang cukup melimpah di Kutai Kartanegara. Hingga saat ini telah tercatat 6 perusahaan batubara yang beroperasi di wilayah Kukar dan masih akan menyusul sebanyak 4 buah perusahaan baru lainnya.

Kegiatan ekspor atau pengapalan batubara hasil eksploitasi di Kukar selama ini dilakukan di terminal apung yang ada di Balikpapan atau di Muara Berau. Hal ini berdampak pada tingginya beban biaya transport pengiriman batubara tersebut bagi perusahaan-perusahaan batubara yang beroperasi di Kukar.

Selain itu biaya yang dikenakan untuk pengapalan di terminal batubara yang ada saat ini cukup mahal yakni berkisar antara 2,85 hingga 4 dolar AS per ton. Dan terkadang kapasitas yang terbatas dari terminal tersebut menyebabkan sebagian produksi batubara tidak dapat diangkut.

Sehubungan dengan hal itu, Pemkab Kutai Kartanegara akan bekerjasama dengan PT Fearnleys Indonesia untuk mengoperasikan sebuah Terminal Apung batubara di lepas pantai wilayah Kutai Kartanegara yang akan melayani proses pengapalan batubara dari daerah ini.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kukar Drs Ec HAB Haryanto Bachroel MM mengatakan bahwa pengapalan batubara di luar wilayah Kukar selama ini lebih menguntungan bagi daerah lain tanpa ada kontribusi terhadap Kutai Kartanegara.

"Jika pengapalan dilakukan di terminal apung yang beroperasi di wilayah Kukar, dampaknya sangat positif bagi perekonomian kita karena akan meningkatkan pendapatan daerah Kutai Kartanegara." demikian kata Haryanto Bachroel. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.