KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Perikanan Potensial Tingkatkan PAD Kukar

KutaiKartanegara.com 18/06/03 09:00 WITA
Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi perikanan yang sangat besar, baik perikanan air tawar maupun air laut. Sudah tak terhitung lagi jumlahnya setiap hari. Namun, sayang selama ini dari segi retribusinya, justru dipungut daerah lain baik Samarinda maupun Balikpapan yang mempunyai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sendiri. Padahal, pendapatan daerah dari sektor perikanan itu termasuk potensi yang belum tergarap di Kukar.

"Maksud saya, Kutai Kartanegara juga harus membangun TPI itu. Berapa banyak ikan dari wilayah Kutai Kartanegara yang masuk ke Samarinda atau Balikpapan serta kota-kota lain. Jika bisa dipungut retribusi, berarti tambahan bagi PAD," ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Kukar Ir H Sabir Nawir MM usai pertemuan dengan Kepala Dinas Perikanan Kukar Ir Bahteramsyah, di Ruang Komisi B, kemarin.

Sabir menambahkan, yang sangat penting dalam sektor perikanan adalah upaya peningkatan produksi. Menurutnya yang sangat mendesak sekarang adalah pembenihan ikan, untuk mengurangi ketergantungan benih dari daerah lain. Risikonya terlalu besar jika harus mengambil benih dari luar.

"Benih dari luar itu masih memerlukan adaptasi segala di lokasi baru. Ada perbedaan suhu dan kadar garam. Peluang hidup cuma sekitar 30 persen saja," ujar Ketua Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PDK) Kukar ini.

Dalam upaya untuk mengembangkan sektor perikanan, kata Sabir, dinas terkait juga perlu memberikan perhatian yang besar. Yang sangat penting dalam hal ini, upaya pembinaan secara intensif agar produksi perikanan meningkat. "Jika meningkat, maka pendapatan masyarakat juga meningkat, dan itu artinya kesejahteraan masyarakat juga akan jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya," kata Sabir lagi. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.